SUARA

Pemkot Kendari Kembali Terima Penghargaan Kota Sehat dari Kemenkes RI

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan meraih penghargaan nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara tingkat kabupaten/kota se-Indonesia untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Anugerah itu diterima Pemkot di Ruang Sasana Bhakti Praja Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Sebelumnya, Pemkot Kendari pada 2017 menerima penghargaan serupa level kota sehat kategori Wistara yang merupakan kategori tertinggi penilaian kota sehat, selain kategori Padapa dan Wiwerda.

Penghargaan itu diterima langsung Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, bersama Dinas Kesehatan Kendari Rahminingrum, Pembina Forum Kota Sehat Kendari Askar Mahmud, dan Wakil Ketua Forum Kota Sehat Kendari Hasriah Mahmud.

Kepala Dinas Kesehatan Kendari, Rahminingrum, mengatakan penghargaan Swasti Saba Wistara yang kedua kalinya itu dicapai atas keterlibatan semua OPD teknis yang dikoordinir oleh Bappeda dan keterlibatan Forum Kota Sehat, Forum Kecamatan dan Pokja kelurahan dalam mewujudkan kota sehat.

“Tentunya ini tak lepas dari bimbingan di bawah kepemimpinan bapak Wali Kota Kendari Sulkarnain K, sehingga Kota Kendari kembali meraih penghargaan nasional Swasti Saba Wistara untuk kali kedua. Swasti Saba atau penyelenggaraan kabupaten /kota sehat ini bukan perlombaan, tapi lebih kepada proses kolaborasi dan sinkronisasi antara program-program pemerintah dengan partisipasi masyarakat,” jelas Rahminingrum.

Pembina Forum Kota Sehat Kendari, Askar Mahmud, menerangkan penghargaan ini adalah sebuah langkah maju Kota Kendari terkait dengan menata wajah Kota Kendari.

yamaha

“Perjuangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mempertahankan apa yang sudah ada, bukan meraihnya melainkan mempertahankannya,” ucapnya.

Kepala Bappeda Kota Kendari itu juga menegaskan, Forum Kota Sehat Kendari beserta OPD teknis yang dikoordinir oleh Bappeda akan tetap konsisten untuk menata wajah kota agar bisa menjadi lebih baik lagi.

“Ini adalah kerja tim dan ini tim yang kompak, saya sangat berterima kasih kepada seluruh tim yang sudah mau bekerja keras bersama seluruh komponen yang bekerja bersama-sama,” ujarnya.

Penghargaan ini, menunjukkan jika Kendari layak untuk menerima penghargaan karena dari enam tatanan yang dinilai untuk meraih Swasti Saba Wistara telah dipandang memenuhi syarat penilaian.

Keenam tatanan tersebut adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Sebelumnya tim verifikasi lapangan kota sehat tingkat nasional memverifikasi di 38 titik yang disiapkan Pemkot Kendari, di antaranya Kelurahan Bende, Puskesmas Perumnas, dan Sekolah Sehat SMPN 5 Kendari. Verifikasi dilakukan pada 20-21 Agustus 2019.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.