SUARA

Pemkot Kendari Salurkan Mobil Ambulas ke Puskesmas Demi Maksimalnya Pelayanan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintahan kota Kendari melalui Dinas Kesehatan Kota Kendari (Dinkes), rencananya akan mendistribusikan bantuan 11 unit mobil ambulans ke beberapa puskesmas di daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan bantuan tersebut sedang dalam proses pengadaan melalui e-katalog di 2018. Mobil Ambulans nantinya, tersebar di 15 puskesmas.

Satu unit ambulans beserta fasilitas alat kesehatan di dalamnya diperkirakan seharga Rp 300 juta per unit. Diperkirakan total anggaran senilai Rp 3,3 miliar dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Direncana anggaran itu, dia (bantuan ambulans) ada di triwulan kedua. Barangkali nanti di bulan empat (April) baru kita bisa membayar mobil tersebut. Kita masih menunggu SK tim pemeriksa barang (mobil ambulans) yang memang harus ditandatangani oleh Wali Kota,” jelas Rahminingrum ditemui disela-sela menghadiri undangan, Rabu (21/3/2018).

yamaha

Ditambahkannya bahwa, puskesmas dengan bantuan yang sama diterima dua tahun terakhir tidak menerima bantuan tersebut, misalnya Puskesmas Benu-benua dan Puskesmas Mata.

“Sebelas mobil ambulans itu, diprioritaskan pada puskesmas perawatan, ditambah puskesmas yang belum mendapatkan mobil ambulans baru, empat kekurangan dari 15 puskesmas itu akan kita anggarkan pada tahun-tahun berikutnya,” ucapnya.

Dirinya berharap, bantuan bisa memperlancar pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terlebih disaat mendesak atau gawat darurat.

 

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.