Pemkot Kendari Siapkan 80 Miliar Kelanjutan Pembangunan Kantor Wali kota

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyiapkan anggaran Rp 80 miliar untuk kelanjutan pembangunan gedung Kantor Wali Kota setinggi sembilan lantai yang sempat terhenti akibat revocusing anggaran untuk penanganan dan pencegahan virus corona.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana mengatakan setelah sempat tertunda, pembangunan kantor baru Pemkot Kendari kembali dilanjutkan dengan anggaran kurang lebih 80 miliar.

“Sudah dilakukan pemeriksaan, agar pembangunannya sesuai dengan mekanismenya. Pembangunan ini adalah multi years. Ketika pembangunannya bisa cepat maka di perubahan bakal dianggarkan lagi,” ujarnya, Senin (25/01/2021).

Meski begitu, kata Erlis Sadya Kencana, tergantung dari kondisi keuangan daerah karena sampai saat ini pandemi Covid-19 belum dilewatkan.

“Dalam waktu dekat ini anggaran akan direvocusing lagi. Tetapi Insya Allah tahun ini pembangunannya tetap dilanjutkan, karena anggarannya sudah disiapkan,” terangnya.

Erlis Sadya Kencana menguraikan, rencana pembangunan gedung baru Pemkot Kendari terdiri dari tiga bagian, yakni pertama lapangan parkir tiga lantai, kemudian bangunan untuk kegiatan pemerintahan atau podium 5 lantai, kemudian gedung pelayanan dan ruangan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajarannya 9 lantai.

“Saat ini yang dibangun baru bagian depan. Baru beberapa persen,” ucapnya.

Selain itu, Erlis mengatakan, total anggaran yang disiapkan pembangunan gedung itu, sebanyak 230 miliar. Dana yang sudah digunakan 5,8 miliar.

“Kita harapkan tahun depan pembangunannya akan selesai agar segera dimanfaatkan. Disisi lain, program multi years itu penandatanganannya hanya sampai tahun depan,” tutupnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.