SULTRAKINI.COM: WAKATOBI - 1.300 penari kolosal akan memeriahkan pembukaan Festival Wakatobi Wave 2017 pada Sabtu, 11 November 2017. Tarian budaya maritim ini, dikonsepkan mewakili empat pulau besar sebagaimana singkatan nama Kabupaten Wakatobi (Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko).

Penari dari Empat Pulau akan Pukau Pembukaan Festival Wakatobi Wave
Para penari pengisi acara Festival Wakatbi Wave 2017 sedang berlatih menari di lapangan Jembatan Pangolubelo. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

"Pulau Binongko akan menampilkan tari Balumpa dengan jumlah penari sebanyak 150 orang. Pulau Tomia akan menampilkan tari Sajo Moane dengan jumlah peserta 100 orang," jelas Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Wakatobi, Noval, Selasa (7/11/2017).

Begitu juga dari pulau Kaledupa yang siap mementaskan tarian Lariangi dari 300 peserta. Sementara ibu kota kabupaten, yaitu Wangi- wangi, menampilkan Lengko dari 300 orang. Selain perwakilan pulau, turut dimeriahkan penampilan dari penari inti sebanyak 300 orang dan penari bendera 150 orang. Konsep demikian merupakan pertunjukkan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Yang ditonjolkan formasi budaya dan bawa laut Wakatobi. Jadi ini mengambarkan apa yang ada di Wakatobi," terang Noval.

Sebagai bentuk kesiapannya, para penari dari pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko telah berkumpul di ibu kota kabupaten mulai 5 November lalu, guna melakukan latihan bersama.

Persiapan lainnya oleh panitia juga berupa, rapat evaluasi sehubungan persiapan Festival Wakatobi Wave 2017.

(Baca: Tiga WNA Meramaikan Lari Maraton Festival Wakatobi Wave 2017)


Laporan: Amran Mustar Ode

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations