Pendaftar Konsultan PLUT UMKM Capai 400 Orang

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pendaftar calon tenaga konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) di Sulawesi Tenggara (Sultra) membludak.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Hery Alansyah, mengungkapkan, sejak dibuka 1 Februari 2019 hingga menjelang penutupan pada 18 Februari 2019, calon pelamar konsultan yang menyetor berkas mencapai 400 ratusan. Selanjutnya akan dilakukan tahapan seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara.

“Dari ratusan pendaftar hanya tujuh tenaga konsultan yang diterima. Nantinya tujuh orang tersebut ditempatkan di bidang keahlian yang dipilihnya saat mendaftar seperti bidang produksi pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan. Selain itu teknis dan managerial serta mengembangkan kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM,” terang Hery saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/2/2019).

Lanjut Hery, tujuan perekrutan tenaga konsultan PLUT untuk membantu memecahkan persoalan UKM dalam berbagai hal.

Selain itu kehadiran konsultan untuk mendorong kapasitas dan kemandirian serta menguatkan jaringan layanan UMKM dengan lembaga kemitraan pemerintah.

“Konsultan sebagai klinik di mana tempat para UKM untuk melakukan konsultasi terkait adanya kendala ataupun masalah yang dihadapinya,” pungkasnya.

Laporan: La Ismeid
Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.