Pendaftaran Beasiswa SamaTau untuk Mahasiswa Buteng Dibuka, Berikut Persyaratannya

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah kembali membuka peluang bagi mahasiswa berprestasi asal Buton Tengah (Buteng) untuk mendapatkan beasiswa SamaTau (Samahuddin-La Ntau) berupa bantuan biaya kuliah. Pembukaan pendaftaran dibuka sejak 2 Juni hingga 25 Juni 2021.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Setda Buteng, Ahmad Nasmudin mengatakan beasiswa tersebut merupakan realisasi dari salah satu program yang tertuang dalam visi misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Buteng Samahudin-La Ntau untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dengan persyaratan berbeda.

Di tahun sebelumnya, kata Nasmudin beasiswa ini sudah dianggarkan sebesar Rp500 juta, sementara tahun 2021 ini ditingkatkan nilai anggarannya menjadi Rp1 miliar.

“Untuk pendaftaran tidak hanya dilakukan penyerahan berkas secara manual (dibawa langsung ke Kantor Kesra), tetapi juga bisa dikirim melalui Pos dan Giro bagi mahasiswa yang berdomisili di luar Kabupaten Buteng,” kata Ahmad Nasmudin, Kamis (3/5/2021).

Nasmudin menjelaskan, adapun pengiriman melalui Kantor Pos dapat dialamatkan dan ditujukan kepada Bupati Buteng melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buteng di Labungkari.

Nasmudin juga mengatakan, pada tahun 2021 ini persyaratan beasiswa lebih fokus pada akreditas program studinya saja yang sebelumnya persyaratan akreditasi perguruan tinggi dan program studi juga dipertimbangkan.

“Akreditasi program studi saja minimal B,” ujarnya.

Pemerintah Daerah Buteng tidak membatasi kuota beasiswa ini, namun tergantung nanti berapa banyak mahasiswa yang ikut dalam pendaftaran dan dinyatakan layak menerima beasiswa begitu pula jumlah biaya yang akan diterima masing-masing mahasiswa.

“Tidak ada kualifikasi tertentu, yang jelas semua ketentuan yang telah disebutkan syarat-syaratnya, itu saya pikir berhak mendapatkan beasiswa. Karena di syarat tersebut tidak ditentukan berapa jumlah mahasiswa yang diterima,” terangnya.

Persyaratan yang perlu dilengkapi oleh setiap pendaftar program beasiswa kurang mampu diantaranya meliputi:

1. Surat keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi tempat mahasiswa menempuh pendidikan.

2. Menyertakan surat pernyataan bahwa persyaratan yang diajukan untuk memperoleh beasiswa sesuai dengan keadaan sebenarnya menggunakan materai Rp10.000.

3. Fotocopy kartu hasil study (KHS) semester berjalan yang dilegalisir.

4. Surat keterangan dari perguruan tinggi atau surat pernyataan yang ditandatangani oleh pihak perguruan tinggi bahwa pelamar tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.

5. Fotocopy nilai akreditasi program studi yang dilegalisir.

6. Surat keterangan kepala desa/kelurahan tempat domisili yang menerangkan bahwa pelamar berasal dari keluarga miskin.

7. Surat keterangan dari Dinas Sosial Buton Tengah bahwa pelamar terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Buton Tengah.

8. Menyertakan fotocopy KK Buteng, fotocopiy KTP Buteng, fotocopy KTM dan fotocopy rekening bank.

Sementara persyaratan bagi pendaftar beasiswa jalur prestasi diantaranya:

1. Menyertakan Fotocopy Tabulasi Nilai dengan IPK Minimal 3,25 yang dilegalisir.

2. Menyertakan Sertifikat yang menjuarai lomba bidang akademik tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

3. Fotocpy nilai akreditasi program studi/jurusan dari perguruan tinggi pelamar (dilegalisir)

4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Buton Tengah, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Buton Tengah, fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotocopy rekening bank pelamar.

5. Surat keterangan dari perguruan tinggi atau surat pernyataan yang ditandatangani oleh pihak perguruan tinggi bahwa pelamar tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.