SUARA

Pendaftaran La Rengke-Farid Bachmid Ricuh, KPU Pertanyakan Dukungan PKPI

SULTRAKINI.COM: BUTON – Massa pendukung pasangan La Rengke-Farid Bachmi membuat kegaduhan di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton, Kamis (29/9/2016) malam, saat mengantar pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Buton itu mendaftar di KPU.

Penyebabnya, Komisioner KPUD Buton mempertanyakan keabsahan rekomendasi salah satu partai pengusung, yakni PKPI. Sehingga terjadi debat hebat antara KPUD dan tim dari La Rengke-Farid Bachmi.

Rombongan pasangan ini datang sejak pukul 20.00 Wita, mengikuti jadwal yang ditetapkan KPUD Buton setelah perubahan jadwal pendaftaran calon kepala daerah. Tim La Rengke-Farid menyerahkan dokumen pendaftaran pada pukul 21.00 Wita. Terlampir rekomendasi dukungan dari empat partai pendukung, yakni PDIP, PPP, Partai Gerindra dan PKPI.

Saat meneliti berkas, KPU menilai dukungan untuk pasangan ini tidak cukup. Sebab dukungan dari PKPI masih belum diakui keabsahannya. Sebab menurut KPU, yang seharusnya bertanda tangan di SK dukungan PKPI adalah ketua dan sekjen yang defenitif sesuai SK Kemenkumham.

Sontak hal ini memancing reaksi para pendukung. Sempat terjadi debat alot antara kedua kubu, KPU diwakili La Rusuli didampingi komisioner lainnya. Simpatisan La Rengke-Farid pun meneriaki KPU masuk angin alias telah disuap.

yamaha

Suasan makin memanas, sampai terjadi pelemparan ke atap kantor KPUD. Polisi bersenjata lengkap yang bersiaga, langsung mengejar massa yang melempar kantor KPU.

“Mana independennya KPU, keluar” teriak massa.

La Rusuli meminta massa pendukung kandidat tenang agar bisa memberi keputusan. “Harap tenang, beri kesempatan agar kami bisa putuskan, tetap kami akan pikirkan,” ujar La Rusuli.

Melihat suasana makin kacau sampai terjadi aksi saling kejar, La Rengke mengambil pengeras suara dan menenangkan massanya. “Jangan ada keamanan yang pukuli warga saya, jangan sampe ada yang luka,” ujar bakal calon bupati yang datang mengenakan baju putih ini.

Setelah situasi agak tenang, komisioner KPUD Buton meninggalkan kantor dikawal aparat keamanan. Mereka menyatakan belum menolak berkas pendaftaran La Rengke-Farid Bachmid, namun masih akan meneliti keabsahan dukungan dari PKPI.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.