Iklan Clarion

Pendataan Nelayan Pesisir Kolaka Diapresiasi

SULTRAKINI.COM : KOLAKA – Langkah pendataan terhadap nelayan tradisonal oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati Pesisir Sultra mendapat respon yang positif dari berbagai pihak. Salah satunya sekertaris Desa Hakatutobu, Ruslan Gapur.

Kata Ruslan, yang telah dilakukan oleh LSM Pemerhati Pesisir Sultra adalah langkah atau harapan baru bagi para masyarakat nelayan yang ada di Desa Hakatutobu.

“Kami selaku aparat desa sangat pasti merespon positif apa yang dilakukan oleh kawan-kawan dari LSM Pemerhati Pesisir Sultra ini. Khusus di Desa kami itu memang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Jadi ini semacam harapan baru bagi mereka. Ternyata perhatian pemerintah daerah dan pihak swasta masih begitu besar terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan tradisional. Kami bangga dan berharap ini berjalan dengan sukses,” kata Ruslan Gapur, Sekertaris Desa Hakatutobu.

Apa yang menjadi harapan dari nelayan yang ada di Desa Hakatutobu juga dirasakan oleh para nelayan yang ada di Kelurahan Dawi-dawi, Pomalaa. Melalui lurahnya, para nelayan mengatakan mereka sangat mendukung dengan program ini dan meresa sudah sangat tepat sasaran kalau melalui metode pedataan secara mendalam.

“Warga nelayan kami berharap ini bisa menjadi langkah awal agar tidak ada lagi pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan nelayan untuk menerima bantuan. System pendaatan secara mendalam semoga saja mennjadi solusi pemberian batuan yang kadang melenceng dari yang semestinya. Intinya kami bersyukur dan berharap program ini bisa sukses,” tegas Lurah Dawi-dawi, Yusri.

Sementara itu Beddu Lahi, Kepala Desa Towua, Kecamatan Wundulako, berharap agar pihak swasta lainnya selain dari PT. Vale juga dapat menjalankan program seperti ini. “Yang utama kami bersyukur dan berterimakasih kepada pemda Kolaka dan PT. Vale atas program bantuan nelayan tepat sasaran ini. Namun lebih bagusnya lagi kalau pihak swasta yang lain, yang juga ada di Kolaka dapat menjalankan program demikian. Ini cuma usulan saja. Pada initnya kami berterimaksih dan merasa bersyukur masyarakat nelayan kami bisa mendapat perhatian,” tutupya.


Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.