Penderita HIV/AIDS Ada di Koltim?

  • Bagikan
Foto: Ist

SULTRAKINI.COM : KOLTIM – Waspada, ternyata daerah yang baru saja mekar ini teridentivikasi terjangkit virus HIV/AIDS. Namun, hingga kini Dinas Kesehatan Kolaka Timur (Koltim), belum berani mengatakan jika di daerah otonomi baru itu, ada tiga orang warga Koltim yang diduga teridentivikasi menderita penyakit virus mengerikan tersebut.

 

Sejak tahun 2014 hingga saat ini ada tiga orang warga Koltim mengidap penyakit menular tersebut. Ironisnya, hingga saat ini pihak pemerintah daerah belum membentuk lembaga Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

 

Belum diketahui nama dan alamat penderita penyakit menular itu. Namun, kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim, Irvan Labatamba, jika di Koltim memang ada tiga orang yang terjangkit penyakit tersebut.

 

\”Iya ada tiga orang warga koltim yang terjangkit menderita penyakit HIV/AIDS, saya tidak ketahui pasti alamatnya dimana, yang jelasnya ada. Kalau mau lebih detail silakan dikroscek ke Lembaga Advokasi HIV/AIDS (LAHA) di Kendari,’’katanya.

 

Kata Pendiri SMK Kesehatan Labatamba ini, Penderita penyakit HIV/AIDS di Koltim, bisa saja lebih dari tiga orang sebab, penderita ini tidak mudah diketahui, namun tanda-tandanya bisa dilihat dari kulit badannya yang bintik-bintik hitam.

 

\”Tanda-tanda adanya penyakit itu, terjadinya penurunan berat badan secara drastis, diare setiap saat dan juga timbulnya bintik-bintik hitam pada kulit. Ketika mengalami gejala-gejala itu, segera periksa ke rumah sakit atau ke dokter,\” ujarnya.

 

Dia berharap pihak pemerintah agar secepatnya membentuk KPA untuk mensosialisasikan penyakit satu ini. Karena penyakit tersebut hingga saat ini belum ada obatnya.‘’jika dibentuk KPA nanti, itu ketuanya Wakil bupati,’’katanya.

  • Bagikan