SUARA

Pendukung Antusias, Kapal Lebihi Kapasitas, Kasyahbandar pun Nyaris Dimassa

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Gara-gara tidak memberikan izin berlayar kepada KM. Aksar 09 yang memuat ribuan pendukung dan simpatisan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, H. Arhawi dan Ilmiati Daud, Kepala Syahbandar Wanci nyaris dihakimi massa, Senin (27/6/2016). Pasalnya, kapal tersebut dianggap over kapasitas.

Kemarahan ribuan pendukung dan simpatisan yang ingin menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi di Kendari ini, disebabkan sebelumnya telah dijadwalkan kapal akan berangkat sekitar pukul 09.00 WITA. Namun sampai pukul 13.00 kapal belum diizinkan untuk berangkat, hingga massa pun turun dari kapal dan mendatangi kantor Syahbandar Wanci.

Sebelumnya, Kepala Sahbandar Wanci, Abdul Rahim telah melalukukan dialog dengan para awak kapal untuk menurunkan sebagian penumpang karena sudah over kafasitas. Namun para penumpang enggan turun karena antusias untuk menghadiri pelatikan jagoannya.

Hingga panitia internal Bupati dan Wakil bupati terpilih memindahkan sebagian penumpang ke kapal reguler KM Agil, namun Sahbandar tetap tidak membarikan izin karena menurut mereka masih over kapasitas.

yamaha

“Bukannya kami tidak mengizinkan kapal berangkat tapi kapal ini udah over kapasitas penumpangnya. Kami tidak mau ambil resiko,” kata Abdul Rahim.

Lanjutnya, jika penumpang kapal sudah kembali normal dan memenuhi syarat pelayaran maka pihaknya akan memberikan izin untuk kapal berangkat.

Setelah massa mendatangi Syahbandar dan berdialog, akhirnya pihak Syahbandar memberikan izin kapal berlayar dengan syarat menambah jaket pelampung penumpang. Hingga sekitar pukul 14.30 Wita, baru kapal diberangkatkan.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.