Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Peneliti Tiga Benua Datangi Hutan Lambusango

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 300 mahasiswa dan siswa dari beberapa benua di dunia seperti Amerika, Asia, dan Eropa akan melakukan penelitian di Hutan Lambusango, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mulai 5 Juni hingga 31 Juli 2017 mendatang, Kamis (1/6/2017).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa mengatakan peneliti tersebut didatangkan oleh Operation Wallacea dari Inggris. Kedatangan mereka tidak sekaligus, namun berganti-gantian secara berkelompok sekitar 50 orang selama 10 hari.

“Mahasiswa dan siswa datang ke Hutan Lambusango untuk melakukan pengamatan aneka ragam burung dan satwa liar endemik dan langka seperti macaque, anoa, kuskus, tarsius, sampai burung Rangkong yang endemik di Sulawesi,” terang Zainuddin melalui sambungan telepon.

Menurutnya, ketertarikan mahasiswa dan siswa itu melakukan penelitian di Hutan Lambusango dikarenakan Hutan Lambusango adalah salah satu dari dua hutan tropis di dunia. Sehingga mereka sengaja berlibur ke hutan yang dikenal sebagai paru-paru dunia tersebut untuk melihat dan mengenal lebih dekat suaka margasatwa di hutan tropis.

“Di dunia ini hanya ada dua hutan tropis, Lambusango dan Amazon. Tapi kalau Amazonkan dengan wilayah mereka itu dekat dan sudah sering dikunjungi, makanya mereka tertarik dengan Lambusango,” ujarnya.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.