Penerima Beasiswa Pendidikan Bersinar Tahun 2020 di Wakatobi Bertambah

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi mulai membagikan Bantuan Siswa Miskin (BSM) kepada 971 orang siswa SD dan SMP serta beasiswa kepada mahasiswa.

Untuk menghindari kerumunan warga ditengah wabah Covid-19, pembagian BSM dan beasiswa ini dilakukan disetiap pulau, mulai dari pulau Binongko, Tomia, Keledupa, dan terakhir pulau Wangi-wangi.

BSM dan beasiswa tersebut merupakan bagian dari program Wakatobi bersinar yang digagas oleh bupati Wakatobi, Arhawi.

“Terpaksa tahun ini kita salurkan beasiswa bersinar secara simbolik disetiap pulau karena masi dalam wabah Covid-19. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kita fokuskan di ibu kota Kabupaten saja. Ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan dinas pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Wakatobi, Ali Wangi saat memberikan sambutan penyerahan beasiswa bersinar di pulau Kaledupa, Sabtu (5/12/2020).

Kordinator tim verifikasi beasiswa pendidikan bersinar Nurmasi menjelaskan, jumlah penerima beasiswa bersinar tahun ini meningkat drastis bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu sebanyak 971 orang. 

“Tahun 2017 hanya berjumlah 89 orang, 2018 berjumlah 340 orang, dan 2019 berjumlah  541 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten Wakatobi,” terangnya.

Peningkatan jumlah penerima beasiswa ini karena Dinas Pendidikan gencar melakukan sosialisasi.

Penerima beasiswa dapat langsung melakukan penarikan dananya melalui bank BPD Sultra.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP) dalam penerimaan pendaftaran mahasiswa berprestasi, mahasiswa yang melakukan pendaftaran langsung diterima berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Strata satu (S1) Eksata 3,00, sementara untuk S1 non Eksata IPK sebesar 3,25. Jika ada mahasiswa yang melakukan pendaftaran namun tidak memenuhi standar IPK maka langsung dinyatakan gugur. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.