Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Buton Tunggu SK Mendagri

SULTRAKINI.COM: JAKARTA – Pelantikan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry (Umar-Bakry) sebagai kepala daerah terpilih pada Pilkada 15 Februari 2017 lalu diagendakan Desember 2017.

“Sesuai aturan, ada dua tahap pelantikan yaitu Juni dan Desember. Tapi kemungkinannya pasangan Umar-Bakry akan dilantik Desember,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buton, La Ode Muhidin Mahmud saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/04/2017).

Tahap pertama agenda pelantikan, dilakukan jika tidak ada sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi RI dan bupati terpilih telah ditetapkan KPUD setempat. Untuk pelantikan di akhir tahun, daerah bersangkutan memperhitungkan Akhir Masa Jabatan (AMJ) bupati. Misalnya Buton yang menunggu AMJ selesai pada Agustus mendatang.

Kantor Bulog Raha

Untuk itu, pihaknya telah menyelesaikan berkas pelantikan yang dibutuhkan pemerintah provinsi. Muhidin menilai hari ini berkas akan diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri RI.

“Besok itu (20/04) Insya Allah berkasnya dibawah di sini (Jakarta). Selanjutnya tinggal menunggu SK Mendagri (penetapan Umar-Bakry sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2017 2022),” jelas Muhidin.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.