Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pengamat: Muna Berpeluang Dijadikan Kawasan Pariwisata Nasional

SULTRAKINI.COM: MUNA – Keunikan pariwisata di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, dianggap
berpeluang sebagai bagian dari kawasan pariwisata nasional. Itulah dikatakan Pengamat Pariwisata,
Muhammad Ali, Rabu (21/3/2018).

Alasan dia mengatakan demikian adalah Kabupaten Muna memiliki keunikan wisata budaya, sejarah, bahari, maupun wisata petualangan yang berbeda dari daerah lainnya. Misalnya, atraksi perkelahian kuda atau horse fighting dan memiliki layang-layang tertua atau kaghati yang dikenal international kite.

“Saat diselenggarakan International Kite Festival (Festival Layang-layang Internasional) di Kendari beberapa tahun lalu, Kabupaten Muna keluar sebagai juara satu mengalahkan peserta dari berbagai negara,” Muhammad Ali kepada SultraKini.Com melalui sambungan telepon.

Menurutnya, untuk mewujudkan itu dibutuhkan peranan besar dari Pemda setempat dengan mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Sultra untuk nantinya dijadikan salah satu kawasan pariwisata nasional, seperti dijuluki sebelumnya oleh Kabupaten Wakatobi sebagai Tourism Destination Area.

“Tinggal dibutuhkan political will Pemda Muna untuk segera membuat usulan dalam bentuk proposal melalui Pemprov Sultra mengenai usulan Kabupaten Muna menjadi Kawasan Pariwisata Nasional (KPN) seperti yang sudah dilakukan Wakatobi. Muna bisa menyusul,” terangnya.

Laporan: La Ode Alim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.