SUARA

Pengelolaan RS Jantung Sultra Kerja Sama dengan RS NRW Bad Oenyhausen Jerman

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit NRW Bad Oenyhausen Jerman untuk pembangunan RS Jantung di Sultra.

Pemprov Sultra memilih RS NRW Bad Oenyhausen, karena rumah sakit ini terintegrasi dengan perguruan tinggi di Jerman. Selain itu, sudah mengarah bukan hanya penyakit jantung tetapi juga diabetes.

Selanjutnya, beberapa tehnik penyembuhan jantung juga dilakukan seperti telemedicine, jantung buatan. Saat ini menangani 200 pasien dengan jantung buatan. Ada juga tenaga tekhnis yang mempunyai tugas untuk mengecek orang yang terindikasi penyakit jantung dan beberapa inovasi penting juga dilakukan untuk pengobatan jantung.

Hal itu sesuai dengan presentasi langsung dr. Karin Overlack selaku Maneger Umum Heart and Diabetes NRW Bad Oenyhausen Jerman yang didampingi oleh Prof. Sommer selaku tenaga ahli Rumah Sakit Overlack.

yamaha

Ali Mazi mengatakan, kedatangannya ke Jerman bersama rombongan akan belajar tentang sistem manajemen dan struktur organisasi rumah sakit dan penempatan sistim elektrik.

“Selain itu belajar tentang bagaimana pengolalaan pembuangan limbah dan pelayanan pasien-pasien darurat penyakit jantung,” jelasnya dalam rilis Kominfo Sultra, Selasa (17/12/2019).

Ali Mazi mengharapkan, segera terbangun kerja sama dengan Rumah Sakit NRW Bad Oeynhausen Jerman dengan Rumah Sakit di Provinsi Sultra.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan ilmu dan tekhnologi baik infrastruktur maupun sumber daya manusia terjalin barter (tukar menukar) segala informasi, sehingga pelaksanaan pelayanan RS Jantung yang sementara dibangun dapat dirasakan, khususnya warga Sultra dan umumnya di Indonesia bagian timur,” ucapnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.