Penyebab Leukosit Rendah Dan Gejala Yang Harus Diwaspadai

  • Bagikan
Penyebab Leukosit Rendah Dan Gejala Yang Harus Diwaspadai foto google image.com

SULTRAKINI.COM:Leukosit rendah umumnya disebabkan beberapa kondisi, diantaranya infeksi virus yang mengganggu kinerja sumsum tulang, kelainan bawaan, penyakit autoimun hingga obat-obatan.

Mengenali Penyebab

Leukosit berperan penting dalam mengatur sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Pada umumnya, jumlah leukosit orang dewasa berjumlah 4000-11000 sel darah putih per mikroliter darah (mcL). Bayi baru lahir memiliki jumlah leukosit 9000-30000 mcL dan menurun seiring pertumbuhan. Seseorang dikatakan mengalami leukopenia jika jumlah leukositnya kurang dari batasan normal tersebut.

Sejumlah penyebab leukosit rendah, antara lain:

Kelainan bawaan yang menyebabkan menurunnya fungsi sumsum tulang.

Infeksi virus yang dapat mengganggu kerja sumsum tulang, atau infeksi yang cukup parah hingga memengaruhi jumlah sel darah putih, misalnya infeksi tuberkulosis dan HIV.

Penyakit autoimun yang menghancurkan leukosit bahkan sumsum tulang belakang, misalnya penyakit lupus.

Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik, yang dapat merusak leukosit. Selain itu obat antikejang dan obat antihipertensi tertentu juga dapat menjadi penyebab.

Sarkoidosis, yakni suatu kondisi yang ditandai dengan tumbuhnya kelompok-kelompok sel radang atau granuloma, yang tersebar di berbagai bagian tubuh.

Penyakit kanker atau penyakit lainnya yang merusak sumsum tulang.

Kemoterapi, terapi radiasi dan tindakan medis lainnya.

Gejala Leukosit Rendah

Gejala-gejala yang kerap dikeluhkan pada orang dengan leukosit rendah ialah demam, menggigil, sakit kepala, dan badan pegal-pegal. Konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami sejumlah gejala leukosit rendah. Gejala-gejala tersebut di atas, bukanlah gejala yang spesifik, artinya dapat dialami juga pada kondisi lain. Untuk memastikan diagnosa, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan darah, terutama pemeriksaan jumlah leukosit dan hitung jenis leukosit.

Selain itu, terdapat beberapa gejala atau keluhan lain terkait kondisi leukosit rendah yang juga harus segera diperiksakan ke dokter, seperti diare yang terus menerus atau disertai dengan darah, mual dan muntah yang parah, sulit makan dan minum, sangat lemas, muncul ruam pada kulit, nyeri perut, batuk yang tidak kunjung sembuh, sesak napas dan rasa terbakar saat buang air kecil.

Namun terkadang, jumlah leukosit yang rendah dapat saja tidak menimbulkan gejala, dan penderita berada dalam kondisi yang sehat.

Pemeriksaan Hitung Jenis Leukosit

Ada lima jenis leukosit yaitu neutrofil, basofil, monosit, limfosit, dan eosinofil. Leukosit rendah sering dihubungkan dengan menurunnya jumlah salah satu jenis leukosit, yakni neutrofil. Wajar saja karena neutrofil memiliki kadar terbanyak dibandingkan jenis leukosit lainnya, yaitu 45-75% dari keseluruhan jumlah leukosit. Meski demikian, setiap jenis leukosit memegang peranan spesifik untuk tubuh, terutama dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, pemeriksaan leukosit pada umumnya melibatkan penghitungan jumlah leukosit dan hitung jenis leukosit, guna memperjelas gambaran infeksi yang dialami, serta memperkirakan penyebabnya.

Tidak perlu ada persiapan khusus untuk pemeriksaan leukosit. Namun harus diingat bahwa ada beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi jumlah leukosit dan hasil pemeriksaan. Konsultasikan dengan dokter mengenai konsumsi obat tersebut.

Umumnya petugas laboratorium atau tenaga medis akan mengambil darah untuk sampel pemeriksaan dari pembuluh darah di lengan. Prosedur hanya akan berlangsung selama beberapa menit. Kemungkinan akan terasa sedikit tidak nyaman atau sakit, ketika pengambilan darah berlangsung.

Untuk menentukan penyebab sel darah putih rendah, dokter akan menyimpulkan berdasarkan gejala, riwayat kesehatan dan pengobatan yang sedang dilakukan. Selain itu, dapat juga dilakukan pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan.

Ada beragam penyebab kondisi leukosit rendah, mulai dari yang ringan hingga yang lebih berat. Konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang mungkin timbul pada kondisi leukosit rendah demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Alodokter.com

  • Bagikan