Penyelenggara dan Peserta Deklarasikan Pemilu di Kepton Tanpa Provokasi

  • Bagikan
Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam, saat menandatangani baliho deklarasi damai di pelataran Pantai Kamali, (19/9/2018). (Foto: Zarmin/SULTRAKINI.COM).
Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam, saat menandatangani baliho deklarasi damai di pelataran Pantai Kamali, (19/9/2018). (Foto: Zarmin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Diprakarsai Polres Baubau, penyelenggara dan Peserta Pemilu 2019 menggelar deklarasi damai di pelataran Pantai Kamali Baubau Rabu, (19/9/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri, Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam dan Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahudin serta sejumlah Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) Baubau, Buteng dan Busel.

Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widaya Mucharam, menjelaskan deklarasi damai tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi kepada sejumlah unsur terkait dalam melaksanakan pesta demokrasi yang aman, damai dan sejuk tanpa adanya provokasi yang dapat memecah belah bangsa.

“Diharapkan ini disampaikan kepada simpatisan dan juga tim sukses untuk kita sama-sama melaksanakan pesta demokrasi ini dengan tertib dan kondusif,” ujar Daniel.

Sementara itu, Ketua KPU Baubau Edi Sabara bersama Ketua Bawaslu Baubau Wa Ode Frida Oktavia dipercaya untuk membacakan komitmen deklarasi damai.

Dalam bacaannya, pihaknya mengajak semua peserta dan penyelenggara mengawasi serta mengikuti Pileg dan Pilpres 2019 dengan damai dan kondusif.

“Dua, mematuhi, mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta menyelesaikan persoalan Pileg dan Pilpres 2019 Sesuai dengan prosedur hukum,” ucap Ketua KPU Baubau, Edi Sabara dan Ketua Bawaslu, Wa Ode Frida Oktavia yang diikuti sejumlah peserta deklarasi damai.

Sementara isi deklarasi ke tiga yakni menolak upaya-upaya yang menimbulkan perpecahan dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu SARA dalam pelaksanaan Pemilu 2019 serta mendukung Polri dalam menegakan hukum.

“Empat mendukung TNI Polri dalam mengamankan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di wilayah Kota Baubau sehingga tercipta situasi yang kondusif,” tutupnya.

Usai membacakan dan mengucapkan deklarasi damai, sejumlah penyelenggara dan peserta Pemilu serta pihak kepolisian, melakukan penanandatanganan deklrasi damai secara bergantian di baliho yang telah termuat pernyataan deklarasi.

Laporan: Zarmin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan