000 HPN Prov

Peralatan Laboratorium Kini Bertambah, Politeknik Bina Husada Kendari: Penelitian bisa lebih Berkembang

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Politeknik Bina Husada Kendari mendapatkan bantuan hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), berupa tambahan alat-alat perlengkapan yang diperuntukkan untuk kebutuhan penelitian di laboratorium.

Beberapa bantuan hibah dari Kemenristek Dikti untuk Politeknik Bina Husada Kendari, yaitu UV-Visible Spectrophotometer, Mikroskop Binocular, timbangan analitik, incubator, pH meter, autoclave, lemari asam, dekstop PC, dan projektor.

Dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan pemakaian alat-alat praktik serta menjamin kelancaran kegiatan pembelajaran dan menghindari terjadinya kerusakan alat-alat praktik di laboratorium, pihak Politeknik Bina Husada Kendari menggelar pelatihan penggunaan dan perawatan alat laboratorium pendidikan.

Kepala Laboratorium Kimia Terpadu Politeknik Bina Husada Kendari, Reymon, S.SI.,M.Si.,Apt, menerangkan pelatihan yang melibatkan dosen dan laborang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan dan fungsi beberapa alat spectrophotometer.

“Semoga dengan pahamanya dosen terhadap alat ini kami bisa melakukan penelitian yang lebih baik lagi, dengan adanya tambahan alat spectro ini, penelitian yang dilakukan akan lebih banyak dan lebih berkembang lagi,” jelasnya saat ditemui usai kegiatan di Laboratorium Kimia Terpadu, Senin (16/9/2019).

Foto bersama peserta pelatihan penggunaan dan perawatan alat laboratorium pendidikan bersama teknisi dari Kemenristek Dikti di Bina Husada Kendari, Senin (16/9/2019). (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

Reymon menambahkan, dosen dan laborang akan diberikan penjelasan terkait penggunaan alat yang benar, sehingga mencegah dan menghindari kerusakan terhadap alat. Selain itu, mendukung sarana dan prasarana kampus sehingga meningkatkan akreditasi kampus.

“Dengan mengetahui penggunaannya, sehingga alat yang dihibahkan dapat menjadi awet karena penggunaanya dengan cara yang benar dan tepat,” terangnya.

Reymon sampaikan, pihaknya akan melatih mahasiswa agar mereka mengetahui kegunaan alat yang dihibahkan oleh Kemenristek Dikti sendiri. Ia berharap bertambahnya peralatan praktik ikut mendorong peningkatan sumber daya manusia sehingga menghasilkan mahasiswa berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan adanya beberapa alat ini penelitian akan lebih baik dan steril. Ke depannya laboratorium yang ada di Politeknik Bina Husada Kendari semoga semakin hari semakin lebih baik,” tambahnya. (Adv)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.