SUARA

Perang Program Paling Berpengaruh di Pilwali Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017, tidak akan sama lagi dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya, termasuk di Pilwali Kota Kendari. Isu primordialisme atau kesukuan dan kewilayahan, bukan lagi yang ‘terseksi’, program kandidatlah yang paling berperan meraih suara pemilih nantinya.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Rasmuddin, dalam bincang-bincang bersama SULTRAKINI.COM di Grand Clarion Hotel, Jumat (30/9/2016) malam mengatakan, perang program para kandidat akan sangat berpengaruh pada tingkat keterpilihan para calon Walikota Kendari nanti. Sebab pemilih di daerah ini sudah merupakan pemilih cerdas.

Hasil penelitian yang LSI lakukan belum lama ini, menunjukkan tingkat elektabilitas tiga kandidat Walikota dan Wakil Walikota Kendari relatif sama. Sebab masing-masing tokoh utama, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adriatma Dwi Putra, Abdul Rasak, serta Zayat Kaimoeddin, memiliki poin berbeda di mata masyarakat Kota Kendari.

yamaha

Berdasarkan penelitian LSI, pemilih militan semua kandidat masih di bawah ideal, yakni di bawah 20 persen. Suara ketiga kandidat lebih kecil daripada sweng votters yang mencapai 40-60 persen. Nah, yang dapat merebut hati sweng votters inilah yang berpeluang besar memenangkan pertarungan Pilwali Februari 2017.

Dari tiga tipologi pemilih, yakni pemilih rasional, pemilih skeptis dan pemilih sosiologis, didominasi oleh tipologi pertama yang lebih memandang pada faktor kemampuan dan personal kandidat. Sedangkan pemilih skeptis, mudah dipengaruhi oleh isu-isu yang beredar di berbagai media, baik mainstream maupun media sosial. Sementara pemilih sosiologis yang primordial, persentasenya kecil.

“Faktor etnis berpengaruh, namun faktor etnis bukan penentu kemenangan. Karena sweng votters 40-60 persen dipengaruhi oleh faktor kemampuan dan personal kandidat. Itu garis besar dari hasil temuan kami di Kota Kendari,” jelas Rasmuddin.

“Sweng voters masih unggul di Pilwakot Kendari,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.