Percepat Penyaluran BLT, Sekda Buteng Minta Data Warga Miskin Segera Dirapikan

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Sekda Buton Tengah, Konstatinus Bukide, berharap Bantuan Langsung Tunai (BLT) agar segera dipercepat, untuk itu Ia meminta kepada seluruh dinas terkait agar segera merapikan data warga miskin yang ada di daerah tersebut.

“Mulai besok itu kita sudah terjunkan seluruh kepala OPD ke lapangan guna merapikan data,” kata Sekda Buton Tengah, Konstatinus Bukide saat ditemui di kantornya, Senin (27/04/2020).

Menurutnya, percepatan penyaluran bantuan tersebut harus segera dilakukan mengingat saat ini banyak warga yang sudah mulai merasakan dampak Covid-19 secara ekonomi, utamanya masyarakat menengah kebawah. Namun demikian, program penyaluran BLT tersebut kata Konstatinus Bukide tidak boleh dilakukan secara terburu-buru, mengingat nantinya juga akan ada program bantuan yang berasal dari pemerintah desa.

“Hanya kita tidak boleh buru-buru, peluang untuk overlap itu besar kalau data kita tidak rapi, makanya pak Bupati perintahkan seluruh kepala OPD dalam satu minggu ini dua kali turun di lapangan,” jelasnya.

Selain itu, pendataan terhadap warga miskin yang belum tercover oleh dinas sosial juga menurutnya mesti dilakukan guna menunjang kesuksesan program BLT tersebut. Untuk itu, selain menurunkan para kepala OPD secara tekhnis, Ia juga akan melibatkan beberapa staf ahli yang ada di Buton Tengah agar pelaksanakan penyaluran BLT tersebut bisa segera rampung.

Pria yang di lantik sebagai Sekda Buteng pada tanggal 14 Oktober 2019 lalu ini juga meminta kepada Dinas Sosial agar segera mempercepat perampungan data yang diminta oleh Kementrian Sosial agar nantinya penyaluran BLT ke daerah tidak lagi tertunda.

“Insyaallah satu atau dua minggu ini data kita sudah rapi, makanya saya minta sama kadis sosial juga tadi supaya merampungkan data yang diminta oleh Kemensos, karena pake aplikasi jangan sampai ada komponen yang tidak masuk, sambil kita fokus pada perapian data juga di daerah,” tambahnya.

Laporan: Agusrinto
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.