SULTRAKINI.COM:KENDARI- Berdasarkan release Badan Pusat Statistik (BPS ) Sulawesi Tenggara (Sultra), angka pertumbuhan ekonomi pada triwulan III tahun 2017 meningkat sebesar 2,65 persen.

Perekonomian Sultra Meningkat 2,65 Persen
Suasana release pertumbuhan ekonomi di BPS Sultra. (Foto: Nova Aliza/SULTRAKINI.com)

Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto, Senin (06/11/2017) mengatakan bahwa dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai pada semua lapangan usaha kontruksi sebesar 7,46 persen. Sementara dari dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen ekspor barang dan jasa yang meningkat signifikan diangka 22,45 persen.

"Kinerja ekspor Sultra yang membaik selama triwulan III, ikut berkontribusi pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi Sultra," katanya.

Atqo juga menjelaskan bahwa ekonomi Sultra pada triwulan I sampai triwulan III ditahun 2017  tumbuh diangka  7,15 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pertambangan dan penggalian sebesar 15,04 persen. Sementara dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh komponen impor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 39,90 persen.

Faktor lain yang juga ikut memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi Sultra, kata Atqo, selain dari bidang pertambangan, kegiatan penggalian, dan ekspor juga dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga memberikan sumbangan pertumbuhan ekonomi di Sultra.

"Jika masih terus terjaga dan kinerja ekspor juga juga membaik, maka pertumbuhan ekonomi Sultra pada triwulan IV akan mengalami peningkatan," katanya.


Laporan: Nova Aliza

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations