Iklan Clarion

Pergerakan Ekonomi Kolaka Diharapkan Mulai Dari Pesisir Pantai

SULTRAKINI.COM: KOLAKA- Bupati Safei menegaskan bahwa  pendataan masyarakat pesisir  oleh LSM Pemerhati Pesisir Pantai Sultra bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta PT. Vale, setidaknya menjadi acuan dalam penyusunan program Perikanan tahun 2017 mendatang.

 

“Karena itu, perihal data warga kampung Bajo harus akurat. Sebab data itu akan jadi rujukan pembuatan program nantinya.

 

Hal lain, juga kita pahami bersama bahwa wilayah Kabupaten Kolaka memiliki laut yang sangat luas, dan hampir semua kecamatan  ada penduduknya mendiami pesisir  kecuali Polinggona, dan sebagian Toari. Selain itu, kita berharap dimasa datang menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di Kolaka dari pesisir, “tandas Bupati Kolaka.

 

Sementara itu, Ketua LSM Pemerhati Pesisir Sultra, Irwan, menyatakan bahwa membangun masyarakat pesisir, khususnya Bajo seperti mengurai benang kusut yang entah kapan akan terurai dan dari mana memulainya. Masyarakat pesisir (Bajo) adalah masyarakat yang serba kekurangan, baik dari segi perekonomian maupun dari segi pendidikan.

 

Ia sangat mengharapkan agar generasi Bajo harus bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sehingga dimasa yang akan datang sudah bisa memikirkan masa depannya sendiri tanpa harus selalu menengadahkan tangan meminta bantuan.

 

Selain itu, dengan kepedulian Pemkab Kolaka yang menggandeng PT Vale dalam kegiatan tersebut, Irwan menyampaikan rasa terima kasih yang tinggi.

 

“Kami juga secara khusus menyampaikan beribu terima kasih dan menaruh respek atas kepercayaan PT. Vale dan Pemkab Kolaka yang telah memercayakan lembaganya untuk melakukan pendataan, dan pengklasifikasikan masyarakat pesisir di daerah ini.

 

Hasil dari pendataan ini akan menjadi data base pemkab dan perusahaan, sehingga ke depan tidak lagi terjadi pemberian bantuan yang tumpang tindih dan bahkan ada yang disebut langganan bantuan, “ujarnya.

 

 

 

LSM Pemerhati Pesisir Pantai Sultra, akan mengawal program  yang dikucurkan pada masyarakat pesisir, sehingga program itu tepat sasaran dan bisa menjadikan masyarakat sejahtera.

 

Di tempat terpisah, Perwakilan PT Vale Sultra, Misdar menegaskan bahwa apa yang dilakukan pihaknya bersama Pemkab Kolaka merupakan wujud nyata dalam mendukung pengembangan masyarakat pesisir, khususnya di wilayah Kabupaten Kolaka.

 

“Kami sangat berharap bahwa kegiatan ini, menjadi salah satu model dalam kerjasama membangun masyarakat pesisir yang diawali dengan pendataan secara langsung pada masyarakat, sehingga dalam penyusunan dan pengucuran program benar-benar tepat sasaran. Sehingga apa yang kita harapkan bersama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir tercapai atau terlaksana dengan baik, “ujarnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.