Peringatan HUT RI ke-72, Konawe Pastikan Meriah

  • Bagikan
Ketua Panitia HUT ke-71 Kemerdekaan RI, Muh. Akbar. (foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Panitia perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Konawe dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Sejumlah kegiatan baru, turut diperlombakan diajang tersebut.

Ketua Panitia Kegiatan, Muh Akbar mengatakan ada 48 tangkai lomba dalam rangka memperinganti HUT proklamasi tersebut. Secara umum cabang lomba terbagi atas dua, yakni olahraga dan seni. Kedua cabang diperlombakan mulai dari tingkat PAUD/TK hingga tingkat umum.

“Untuk tingkat TK/PAUD ada lomba karnaval budaya dan profesi. SD ada gerak jalan indah delapan kilometer, SMP ada lomba marching band dan musik bambu. SMA ada lomba vokal grup lagu perjuangan dan daerah. Sedangkan tingkat umum yang boleh diikuti ormas atau paguyuban kami siapkan beberapa tangkai lomba, salah satunya stand up comedy. Tahun ini banyak akan lebih meriah lagi,” jelasnya sambil mengatakan kalau pihaknya juga menggelar beberapa item lomba yang akan diikuti kontingen per kecamatan, Kamis (20/7/2017).

Khusus SKPD lanjut Akbar, di cabang olahraga disediakan lomba gerak jalan 17, 8 dan 45 kilometer dan tarik tambang. Sementara di bidang seni ada lomba karaoke dan menyanyi solo. Di luar dari dua tangkai lomba tersebut, panitia juga bakal menggelar lomba piala WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan pengelolaan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Dua lomba tersebut merupakan kali pertama dilakukan.

“Untuk menunjukan bahwa kita ini peraih WTP, lomba WTP antar SKPD akan kita gelar. Ini untuk memotivasi SKPD kita semakin baik dalam mengelola keuangannya. Begitu pun dengan lomba pengelolaan PAD, agar memberikan motivasi sama di tiap SKPD dalam mengelola PAD,” jelas pria yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe.

Mantan Kepala Bagian Umum dan Protokoler Setda Konawe itu menambahkan, tahun ini pihaknya juga menyiapkan lomba khusus untuk wartawan dan aktivis LSM. Untuk awak media, panitia bakal menggelar lomba penulisan berita dengan tema membangun Konawe. Sementara untuk para aktivis, ada dua item lomba yang bakal digelar yakni lomba orator demo aspirasi dan cerdas cermat. Masing-masing bertemakan isu pelayanan masyarakat dan wawasan nusantara.

“Kita akan mulai pembukaan nanti tanggal depapan Agustus. Makanya kami meminta masyarakat untuk aktif ikut memeriahkan hari peringatan kemerdekaan ini,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan