Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Peringati Hari Sampah, Siswa SMPN 9 Bersihkan Pantai Mayaria

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Masih dalam momentum hari sampah nasional, sekolah penyandang Adiwiyata Mandiri, SMP Negeri 9 Kendari menggalakkan kebersihan lingkungan, salah satunya dengan melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Mayaria, Kasilampe Kota Kendari pada Kamis (7/3/2019).

Kepala SMPN 9 Kendari, Milwan, mengatakan aksi bersih-bersih diikuti seluruh warga sekolah termasuk komite sekolah guna mewujudkan lingkungan bersih dan asri tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, melainkan juga di luar lingkungan sekolah.

“Aksi bersih-bersih ini tidak hanya di dalam sekolah, di luar sekolahpun kita laksanakan seperti di bibir pantai teluk kendari. Lebih tepatnya di permandian mayaria kasilampe,” ujar kepsek yang pernah meraih penghargaan sebagai juara 2, kepala sekolah berprestasi tingkat nasional pada 2011.

Milwan mengaku, SMP Negeri 9 Kendari merupakan sekolah penerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai sekolah kategori Adiwiyata Mandiri yang membina beberapa sekolah. Olehnya itu, kata dia, pihaknya tak henti-hentinya mengajak semua siswa betul-betul peduli terhadap lingkungan.

“Aksi bersih-bersih sebenarnya sudah menjadi agenda rutin kami yakni disetiap Sabtu. Jadi tidak hanya pada saat peringatan hari sampah saja. Disamping itu, kita juga mengirim siswa ke luar sekolah, mencari lokasi-lokasi yang memang membutuhkan perhatian serius terkait sampah,” imbuhnya.

Kedepan, ia berharap, aksi bersih-bersih tidak hanya dilaksanakan oleh SMPN 9 Kendari, melainkan juga bisa diterapkan oleh sekolah lain di Kota Kendari guna mewujudkan Kota Kendari yang bersih dan asri.

“Tentunya kita berharap sekolah lain bisa menerapkan seperti apa yang kita lakukan sekarang,” pungkasnya.

Laporan : Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.