Peringati HSN, BPS Sultra Luncurkan Buku ‘Menuju Sultra Emas’

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka menyambut Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada Rabu, 26 September 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar jalan santai dan berbagai lomba yang bertempat di halaman Kantor BPS Sultra, Selasa (25/9/2018).

Kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud, mengatakan HSN merupakan momentum untuk menambah semangat seluruh pegawai BPS dan para mitra.

“Kita pakai momentum ini untuk berhenti sejenak, merenung sekaligus ada relaksasi dulu,” jelasnya, Selasa (25/9/2018)

Bahwa selama ini, lanjut Eduy, dalam bekerja mengumpulkan data memerlukan proses yang panjang. Sehingga dibuat perayaan yang membuat brilehs dan happy untuk selur peserta hari ini.

“Semua pasti merayakan apalagi mereka yang peduli dan fokus serta perhatian dengan data-data. Besok akan ada upacara dan ekspose data serta seminar juga di UHO,” ungkapnya.

Menurutnya, Saat ini data menjadi salah satu faktor yang paling penting dalam penelitian dan perencanaan pembangunan.

“Data ini sangat berguna untuk perencanaan pembagunan. Karena dari data ini semua dapat diketahui,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan buku pedoman yang berjudul “Menuju Sultra Emas”, yang berisi data-data pertumbuhan ekonomi, data kemiskinan, ekspor-impor dan lainnya sebagai bekal bagi pemerintah dalam membangun Sultra serta indikator sosial ekonomi.

“Sampai hari ini belum diberikan bukunya, karena pak gubernur masih sibuk. Ini menjadi kilometer nol untuk pelaksanaan pembangunan,” ujarnya

Kata Edy, meski, BPS merupakan instansi vertikal tetapi pihaknya selalu ingin ikut andil dalam pembangunan Sultra. Buku yang dipersiapkan nantinya menjadi tolak ukur pembangun pemerintahan selama 5 tahun ke depan.

Ia berharap, semua masyarakat dapat berpastisipasi agar pihaknya mendapatkan data yang valid dan berkualitas.

“Untuk mendapatkan data yang baik bukan hanya dari BPS tapi juga dari kejujuran responden atau peran aktif dari responden,” tutupnya.

Untuk diketahui, Peringatan HSN ini dihadiri oleh BPS Bombana, BPS Konawe, Kendari, Konawe Selatan, Mahasiswa UHO, Darma wanita statistik Provinsi Sultra serta mitra BPS.

laporan: Rifin/Nur Cahaya
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.