SUARA

Peringati HUT RI Ke 75, Ruksamin-Raup Tampil Mesra

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA –
Dalam rangka memperingati HUT Ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar Upacara Bendera Merah Putih di Kantor Bupati Konawe Utara, Wanggudu, Senin (17/8/2020).

Bupati Konawe Utara Ruksamin Bertindak sebagai inspektur upacara,
sedangkan komandan upacara yakni Kaur Bin Opsnal Sat Lantas Polres Konut Wawan Gunawan.

Di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melada Indonesia terkhusus Konut, kali ini upacara Peringatan HUT RI hanya diikuti para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda Konut serta camat se-kabupaten Konut. Hal ini dilakukan untuk mengikuti protokol kesehatan guna mencegah kemungkinan terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19.

Di tengah pelaksanaan HUT RI di Konut, Bupati Ruksamin bersama wakilnya Raup, tampil mesra dihadapan tamu undangan di HUT RI. Sontak menjadi bahan perhatian.

Pasalnya kedua penguasa di Konut itu, sedang diisukan renggang, usai Raup memutuskan untuk memilih maju sebagai calon Bupati Konut berpasangan Iskandar Mekuo, sedangkan Ruksamin tetap maju mengandeng Abuhaera di Pilkada 2020.

Dengan tampil mesra di perayaan di HUT RI menampik isu kerenggangan hubungan mereka antara Bupati dan wakil Bupati di wilayah itu.

“Kita hari ini masih Bupati dan Wakil Bupati, jadi situasinya masi sama sama dan diharapkan menjadi contoh kepada kita semua pada masyarakat di Konut, bahwa diantara saya dan beliau (Wabup), tidak ada masalah,”. kata Ruksamin usai pelaksanaan upacara HUT RI.

Mantan Ketua DPRD itu, berharap dengan hubungan mereka yang masih tampil bersama menjadi contoh. “Terlebih lagi di perayaan HUT RI, semua kita lepaskan kepentingan. Hari ini kita sama sama dengan satu bendera yaitu kabupaten Konawe Utara,” ujarnya.

yamaha

Sementara itu Wakil Bupati Konut Raup, berharap dalam rangka memperingati HUT RI khususnya di Kabupaten Konawe Utara, semua kepentingan politik ditanggalkan dulu untuk melanjutkan apa yang telah leluhur perjuangkan.

“Dulu negara kita di perjuangkan tanpa melihat perbedaan etnis, tetapi semangat nasionalis. Sehingga mari kita nikmati atas kemerdekaan kita ini, dengan menjaga persatuan kita sesuai cita cita bangsa kita. Memakmurkan kehidupan masyarakat dan bangsa kita ini,” katanya

Sehingga Lanjut Raup, divdalam menghadapi kontestasi pilkada di wilayah ini, bersama menciptakan situasi kondusifaga.

Upacara Peringatan HUT RI dengan tema ‘Indonesia Maju’ ini diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Konut Ikbar,SH.

Upacara Penaikan Bendera Merah Putih dilakukan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan siswa SMA dari sejumlah sekolah di konawe utara. Adapun ketiga anggota Paskibraka tersebut yakni Laode Rangga Anugrah (SMA Negeri 1 Oheo), Agil Najib Rabbani Badwi (SMKN 1 Andowia) serta  Anisa (SMKN 1 Molawe).

Lebih lanjut, usai pelaksanaan kegiatan Upacara dilanjutkan kegiatan penyerahan
Kendaraan Operasional  Oleh Bupati didampingi Wakil Bupati Konut Raup, Kajari Konawe, Kapolres Konut, dan Sekda Konut kepada 5 Puskesmas di konut, diantaranya puskesmas matandahi, lasolo kepulauan, asera, paka indah, dan puskemas lamparinga. Selain itu, juga  dilakukan penyerahkan piagam penghargaan kepada TNI, Polri, dan ASN teladan, serta petugas penanganan Covid-19.

Setelah penyerahan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti Upacara detik-detik proklamasi HUT RI KE-75  diistana merdeka Jakarta,  melalui video conference, di aula Dinas Kesehatan Konut. (B)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.