SUARA

Peringati HUT RI, Puluhan Anak di Kelurahan Kandai Adu Ketangkasan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Puluhan anak di Kelurahan Kandai, Kecamatan Kandai, Kota Kendari, beradu ketangkasan dalam lomba permainan yang digelar untuk memperingati HUT RI ke-71, Minggu (20/8/2016) pagi. Kegiatan yang digelar Pemuda Kelurahan Kandai bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) ini memperlombakan sejumlah item permainan diantaranya lari karung, lari kelereng dan cabut koin.

Diselenggarakan di halaman sebuah Gudang, lomba ini diikuti puluhan anak dengan antusias. Saking semangatnya, bahkan setiap item permainan yang diperlombakan harus dilakukan dengan sistem penyisihan, untuk menentukan juara. Hal ini agar seluruh anak yang umumnya tinggal di kelurahan tersebut seluruhnya dapat ikut bermain.

Diungkapkan salah Ketua Penyelenggara dari Mahasiswa KKN UHO, Darwandyah Adariah, lomba ini merupakan program kerja dalam agenda KKN.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif para mahasisiwa dan pemuda di RW II Kelurahan Kandai, untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-71,” Jelas Darwansyah yang merupakan mahasiswa KKN Jurusan Kedokteran di UHO.

Dijelaskannya juga, untuk pendanaan kegiatan ini dibantu oleh pihak Kelurahan Kandai yang digunakan untuk membeli sejumlah peralatan lomba.

Tidak hanya ramai oleh puluhan anak-anak, kegiatan ini juga disemarakkan oleh ratusan warga yang hadir. Para warga umumnya keluarga anak-anak yang ikut bermaian, datang sebagai suporter. Sehingga, meski kegiatan ini memperlombakan permainan era 90-an dengan peralatan seadanya, namun tetap seru dan ramai dengan sorakkan supporter yang umumnya ibu-ibu.

yamaha

Seperti misalnya pada perlombaan melingkarkan karet ke botol. Puluhan anak yang berlari sembari menggigit pipet untuk mengaitkan karet dan memasukkannya ke leher botol, harus berkonsentrasi mendengar arahan rekan se timnya yang menunggu di ujung garis. Sementara itu disaat brsamaan para ibu juga ikut ramai berteriak menyuruh anaknya berlari lebih cepat.

Alhasil, beberapa anak mengalami tabrakkan dengan rekan lainnya atau salah memasukkan karet dan pipet ke leher botol. Hal ini juga berbuah makian dan cacian serta tawa dari para supporter dan penonton. Bahkan tak jarang tingkah polah supporter ini merepotkan panitia penyelenggara karena mereka ikut masuk dalam lapangan permainan.

Diperlombakannya permainan yang dapat dikatakan tradisional ini dalam peringatan HUT RI ke-71 di Kelurahan Kandai memiliki pesan khusus.

Dijelaskan Perwakilan Pemuda RW II Kelurahan Kandai, Dasmin Ekeng, beberapa permainan yang dipilih untuk diperlombakan sengaja mengambil jenis tradisional dan dengan peralatan yang seadanya.

Sebab, kata Ekeng, hal ini selain untuk mengenalkan kembali permainan tersebut juga untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak bahwa untuk dapat bermain dengan menarik tidak perlu membutuhkan peralatan yang mahal serta sulit didapat, tapi dengan bahan hang ada disekitar kita.

“Anak-anak dimasa sekarang umumnya tidak mengenal lagi jenis permanan seperti ini, karena mereka setiap hatinya hanya bermain dengan hape dan gadget. Makanya kami memanfaatkan momen kemerdekaan untuk mengenalkan dan mengajak mereka untuk bisa menikmati masa anak-anak dengan bermain,” tuturnya.

Untuk kegiatan lainnya yang akan dilakukan bersama mahasiswa KKN UHO bersama Pemuda di Kelurahan Kandai diantarnya Kerja Bakti di kantor kelurahan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.