SUARA

Persiapan Pilkades Wakatobi Terkendala Anggaran

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Koordinator Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wakatobi, Suwarman melakukan kunjungan sejumlah desa untuk melihat persiapan panitia Pilkades. Dalam kunjungannya di hari pertama pembukaan pendaftaran calon Kepala Desa (Kades) ini diketahui sejumlah desa masih terkedala anggaran.

Suwarman mengatakan, pada tahap pendaftaran calon ini pihaknya baru hanya mengkroscek kelengkapan berkas para calon Kades. Sementara proses ferivikasi keabsahan dokumen calon kades baru akan dilaksanakan14 Oktober hingga 18 oktober 2016.

Menurutnya, pembukaan pendaftaran calon Kades ini hanya berlangsung selama sembilan hari yakni mulai 29 September dan berakhir 7 Oktober 2016.

Dalam kunjungannya ini Suwarman mendatangi dua desa peserta Pilkades yang berada di Kecamatan Wangi-wangi yaitu Desa Pada Raya dan Desa Pookambua. Rencananya pihaknya akan mengunjungi semua desa peserta Pilkades baik yang ada di Kecamatan Wangi-wangi Selatan maupun diwilayah dan Wakatobi dua (Kaledupa, Tomia dan Binongko).

yamaha

Dari hasil kunjungannya ini, kata Suwarman, diketahui saat ini hampir semua desa yang rencananya mengikuti Pilkades 2016 masih terkendala anggaran karena tahapan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) terlambat,

“Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 bahwa Pilkades di biayai oleh dua sumber dana yaitu dari Anggaran Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Belanja Desa (APBDES). Namun bisa pastikan di awal bulan Oktober ini anggaran tersebut sudah cair,” kata Suwarman.

Terkait kendala anggaran tersebut, hal itu dibenarkan Panitia Pilkades di Desa Pookambua, Naini Sopia. Dijelaskannya saat ini pihaknya belum memiliki anggaran untuk Pilkades. Namun pihaknya telah melakukan perincian anggaran untuk diusulkan di APBDES dan APBD.

“Betul, belum ada anggarannya kita namun saat ini kita sudah disuruh untuk buat rincian kebutuhan agar dimasukan di APBD dan APBDES,” ujar Naini.

Pilkades yang rencananya dilaksanakan 13 Novemver 2016 ini akan diikuti 15 desa yaitu di Kecamatan Wangi-wangi; Desa Pada Raya dan Desa Pookambua, Kecamatan Wangsel; Desa Wisata Kolo dan Desa Kapota Utara, Kecamatan Kaledupa Selatan; Desa Sandi, Kecamatan Tomia Induk; Desa Temoane, Desa Kolo Sofa dan Desa Patua II dan untuk di Kecamatan Togo Binongko; Desa Waloindi, Desa Haka, Desa Oihu sedangkan untuk Kecamatan Togo Binongko; Desa Jaya Makmur, Desa Pala Hidu, Desa Kampo-kampo dan Desa Lagongga.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.