Pertama di Indonesia, Kejuaraan Ergometer Rowing Sultra 2019 Genjot Bibit Unggul

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kejuaraan ergometer tingkat Sultra yang dilaksanakan Persatuan Olahraha Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) merupakan kompetisi pertama di Indonesia tahun 2019. Dalam pertandingan tersebut ada dua kategori yang dilombakan yakni pemula untuk pelajar SMP dan kategori prestasi untuk atlet dayung yang berpengalaman.

Ketua Panitia Kejuaraan Ergometer Rowing Sultra, Moch. Idham Hatta, menyampaikan untuk peserta kategori pemula sebanyak 111 orang, sementara untuk kategori prestasi berjumlah 62 peserta. Untuk tingkat pemula hanya diikuti oleh SMP dan SMA di Kota Kendari sedangkan kategori prestasi berasal dari tujuh kabupaten kota, yakni Muna, Muna Barat, Konawe, Konawe Selatan dan Konawe Utara.

“Pertandingan kami laksanakan sesuai instruksi dari Pengurus Besar (PB) Podsi yang menyatakan untuk pembibitan atlet ada dua hal mesti diperhatikan yakni postur tubuh dan ergometer. Sementara untuk kategori prestasi merupakan ajang seleksi atlet untuk mewakili Sultra ke Pra PON 2019 di Kerawang,” ungkapnya, Sabtu (28/9/2019).

Sekretaris PODSI Sultra, Dharma S Tayeb, menilai kejuaraan tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan kesinambungan prestasi olahraga dayung kedepannya. Artinya dengan bibit atlet yang andal, maka prestasi dayung Sultra di kanca nasional dan internasional akan lebih ditingkatkan.

“Kami berharap semua peserta bisa bertanding secara sportif,” ujarnya.

yamaha

Kadiskepora Sultra, Ashar, berharap agar kejuaraan ergometer rowing tersebut bisa memjadi agenda rutin tahunan. Karena hal kompetisi tersebut dinilai sangat tepat untuk menyeleksi bibit atlet unggul.

“Kami sangat mendukung kegiatan sebagai agenda tahunan. Tentu saja, hal ini akan kami sinkronkan dengan program Podsi agar saling mendukung dan menunjang utamanya dalam mencari bibit atlet andalan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubid Pengembangan Olahraga Prestasi Daerah Kemenpora, Yuslan, mengungkapkan bahwa kejuaraan ergometer rowing tersebut merupakan pertama yang dilaksanakan di Indonesia. Olehnya itu, pihaknya turut memberikan bantuan agar kompetisi tersebut terlaksana dengan sukses.

“Kami berharap bantuan ini akan semakin mencungkil bakat prestasi dayung Sultra dengan bibit-bibit unggul. Apalagi kita ketahui bersama Sultra merupakan gudangnya atlet dayung nasional,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.