Iklan Clarion

Pertamina Gandeng PKPU Tanam 5.900 Mangrove di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pertamina kembali membuktikan komitmennya menyelamatkan lingkungan. Di HUT ke-59 ini, bersama Pos Kemanusiaan Peduli Ummat (PKPU) Kendari, Pertamina membuka program ‘Mangrove Tree Planting & Aksi Coastal Clean Up’ di wilayah pesisir Tracking Mangrove Bungkutoko Kota Kendari dan Pantai Nambo.

Hadir pula sejumlah SKPD, Pol Air, Koramil, Kepolisian dan para siswa sekolah berkesempatan menanam pohon Mangrove.

Sebanyak 5.900 pohon Mangrove ditanam di tiga kawasan strategis, yaitu Tracking Mangrove Bungkutoko, Purirano dan kawasan Teluk Kendari depan Hotel Clarion Kendari.

Kepala Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Kendari, Amir Ridi mengatakan, kontribusi Pertamina dalam pembangunan di Kota Kendari melalui program CSR, seperti pembentukkan dan pelatihan 9 bank sampah, penanaman 6.500 pohon, pendampingan sekolah adiwiyata di SMAN 3 Kendari serta program kemitraan di kabupaten dan kota, diantaranya Kendari, Konawe, Kolaka dan Raha.

“Selama tahun 2016 Pertamina berkontribusi dalam pembangunan Kota Kendari dalam bentuk program CSR, Program Kemitraan Bina Lingkungan dan PBBKB,” katanya, Sabtu (17/12/2016).

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Kendari, Arifin Baidi yang turut hadir mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan positif tersebut. Mengingat pembangunan Kota Kendari perlu didukung pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Selain itu penanaman Magrove juga memberikan manfaat sebagai pertahanan lingkungan dari abrasi air laut. Bahkan kawasan Magrove bisa dijadikan kawasan wisata edukatif.

“Pertumbuhan Kendari perlu adanya dukungan dengan corak ruang terbuka hijau sebagai Green City,” ucapnya mewakili Walikota Kendari, Asrun.

Usai penanaman pohon Mangrove, kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih pesisir di Pantai Nambo Kendari.

Laporan: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.