Pertamina Jamin Elpiji dan BBM Aman, Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Bagikan
Foto: detik.com

SULTRAKINI.COM: Selama masa libur Natal 2017 hingga Tahun Baru 2018, PT Pertamina (Persero) menyiapkan sejumlah upaya pengamanan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan Elpiji. Gerak cepat dilakukan perusahaan pelat merah ini dengan membentuk satgas untuk pengamanan pasokan bahan bakar selama 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

SVP Fuel Marketing & Distribution PT Pertamina (Persero), Gigih Wahyu Hari Irianto, mengatakan konsumsi BBM dan Elpiji yang akan mengalami peningkatan antara lain Premium dengan kenaikan sebesar 2%, Pertalite 12%, Pertamax 7%, Pertamina Turbo 15%, Dexlite 10%, Pertamina Dex 12%, Avtur 11,5%, dan Elpiji 4%. Sementara Solar turun 6%. 

“Penurunan konsumsi solar disebabkan pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 dan penurunan kegiatan angkutan industri,” jelas Gigih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/12/2017).

Gigih menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah upaya pengamanan BBM dan Elpiji selama masa libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Upaya-upaya tersebut antara lain meningkatkan stok BBM, Elpiji, dan Avtur di tingkat TBBM, DPPU, dan depot Elpiji.

“Upaya-upaya yang kami lakukan ini demi kenyamanan dan ketenangan masyarakat menikmati masa libur Natal dan Tahun Baru. Peningkatan stoknya sudah dimulai sejak 1 Desember hingga 17 Desember,” ujar Gigih. 

Selain itu, lanjut dia, upaya yang dilakukan Pertamina adalah meningkatkan stok BBM di SPBU dan stok elpiji di SPPBE (Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji), Agen hingga Pangkalan Elpiji. 

Kemudian, penambahan mobil tangki, agen/pangkalan siaga Elpiji, serta menyiagakan kantong SPBU dan SPPBE di jalur wisata dan daerah rawan kemacetan. Setidaknya terdapat 35 SPBU kantong dan 51 SPPBE kantong yang disiagakan dengan sebaran di Sumsel, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, dan Jatim.

Terakhir, penyiapan layanan khusus KiosK Pertamax, mobile dispenser unit, BBM kemasan di SPBU, dan motor/mobil pengantar kemasan BBM di beberapa titik yang rawan kemacetan dan jauh dari SPBU. 

Menurutnya, sebanyak 9 titik KiosK Pertamax yang telah disiapkan antara lain di SPBU rest area Tol Cipali dan pantura Kota Tegal, serta 5 titik mobil tangki dispenser di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ada pula 15 titik motorist BBM kemasan di jalur Pantura Jabar dan Jateng dan Sumatera.

Untuk kelancaran tim satgas, Pertamina juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait diantaranya Kemenhub, Polri, Kemen ESDM, BPH Migas, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan BPJT.

Pertamina juga mengkomunikasikan berbagai informasi yang memudahkan masyarakat melalui media, sosial media, aplikasi Pertamina GO, serta layanan kontak Pertamina 1 500 000.

Khusus Elpiji, menurut SVP Non Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra, Pertamina akan memastikan pasokan LPG aman dengan menyiagakan 2.528 agen dan 23.848 pangkalan LPG di seluruh Indonesia.

Serta, berkoordinasi dengan pemda dan instansi terkait apabila diperlukan tambahan pasokan melalui operasi pasar Elpiji 3 kg. 

“Kami memperkirakan terjadi peningkatan konsumsi hingga 4 persen dari rata-rata normal, dengan kondisi puncak pada 26-30 Desember 2017,” pungkas Basuki.

Sumber: detik.com

  • Bagikan