Iklan Clarion

Pertandingan Basket Porprov Diharapkan Wasit Sultra Berlisensi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Mengharapkan adanya wasit berlisensi B2, Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Tenggara melaksanakan penataran wasit bola basket di Fortune Frontone Hotel Kendari mulai 8-11 November 2018.

Ketua Perbasi Sultra, Masyura Ila Ladamai, menuturkan selama ini event daerah yang dilaksanakan selalu wasit dari luar Sultra. Pihaknya melaksanakan penataran wasit agar Sultra memiliki wasit berlisensi untuk memimpin pertandingan daerah.

“Dalam penataran wasit daerah ini akan ada dua lisensi dikeluarkan, yakni B2 dan C. Untuk lisensi C hanya bisa memimpin pertandingan tingkat sekolah atau menjadi asisten dalam kompetisi tingkat daerah. Lisensi B2 bisa memimpin pertandingan daerah atau menjadi asisten wasit tingkat nasional,” jelas Masyura, Kamis (8/11/2018).

Dia menambahkan, kegiatan penataran itu menghadirkan pemateri dari Komisi Perwasitan pengurus besar, Ilham Burhanuddin. Olehnya itu, peserta berjumlah 20 orang diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan tentang tata cara dan peraturan dalam pertandingan.

“Untuk pemberian lisensi wasit akan diseleksi secara ketat guna memastikan mereka betul-betul kompoten. Kami berharap banyak peserta yang bisa mengantongi linsensi B2 dibanding lisensi C,” tambahnya.

Hasil dari penataran diharapkan dapat memimpin pertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kabupaten Kolaka 5-14 Desember mendatang. Tentunya jika ada peserta yang berhasil mendapatkan lisensi B2.

“Kami berharap pertandingan basket di Porprov nanti dipimpin wasit dari Sultra,” ucapnya.

Sekretaris Umum KONI Sultra, Erickson Ludji, mengapresiasi langkah Perbasi Sultra, utamanya menyediakan sumber daya manusia berkualitas untuk memimpin pertandingan tingkat provinsi.

“Kami berharap para peserta bisa mendapatkan banyak pengetahuan dalam penataran ini,” ujarnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.