Pertumbuhan Ekonomi Buton Mengalami Percepatan di 2018

  • Bagikan
Pertumbuhan Ekonomi, BPS Buton,
Pertumbuhan Ekonomi, BPS Buton,

SULTRAKINI.COM: BUTON – Laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara pada tahun 2018 terus mengalami percepatan. Hal itu dapat dilihat dari dua tahun terakhir yaitu mulai dari 2016-2017.

Misalnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Buton di 2016 sebesar 4,17 persen dan di 2017 mengalami percepatan hingga mencapai 4,74 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Buton, La Ode Haris Sumba, melalui Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS, Jaka Pratama, mengatakan bahwa salah satu sektor pendukung percepatan tersebut adalah sektor konstruksi.

“Sektor konstruksi ini distribusinya cukup besar terhadap produk domestik regional bruto di Kabupaten Buton,” kata Jaka Pratama kepada awak media, Rabu (14/11/2018).

Selain itu, lanjut Jaka, sektor perdagangan, perikanan, dan pertanian juga merupakan sektor pendukung yang cukup besar dalam percepatan ekonomi di Buton. Seperti di 2017 mengalami percepatan cukup signifikan hingga sebesar 8,74 persen. Padahal di 2016 hanya mencapai 0,17 persen.

“Jadi memang ini terus mengalami percepatan dibandingkan sektor lain, dan tiga lapangan usaha itu (Perdagangan, Perikanan, Pertanian) menjadi penyumbang yang paling besar untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Buton,” sebutnya.

Masih kata Jaka, meski pihaknya belum mengeluarkan penghitungan secara pasti di 2018. Tapi kalau dilihat dari aktivitas-aktivitas di daerah yang dikenal sebagai penghasil aspal itu serta mempertimbangkan lapangan usaha yang ada, maka percepatan pertumbuhan ekonomi akan terus mengalami percepatan.

“Harapan kita jangan hanya tiga sektor tadi yang akan menjadi penyumbang terbesar tapi sektor-sektor yang lainnya juga,” tandasnya.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan