Peserta Perkemahan Wirakarya Bersih-bersih di Pantai Batu Gong

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Sebanyak 300 orang peserta Perkemahan Wirakarya XIII Perguruan Tinggi Keagamaan (PW XIII PTK) Se Indonesia melaksanakan kegiatan bakti bersih pantai di Pantai Batu Gong, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Kamis, (19/5/2016.

 

Ratusan pramuka tersebut, membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di kabupaten Konawe tersebut.

 

Anggota Tim Pengawas, penelitian dan evaluasi (Waslitev) PW XIII PTK , Muflihin mengajak kepada seluruh peserta untuk berpartisipasi membersihkan pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

 

“Pantai merupakan salah satu anugrah dari Allah SWT yang patut kita jaga kebersihannya, untuk itu marilah kita menunjukkan kepedulian itu dengan membersihkan sampah-sampah yang mengotori dan menganggu keindahan pantai ini” katanya melalui pengeras suara megaphone.

 

Usai mendengar ajakan tersebut, secara serentak seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan itu langsung membersihkan pantai dengan menggunakan peralatan sederhana seperti sapu dan tong sampah dan kantung kresek. Di bawah terik matahari, pramuka yang berasal dari berbagai daerah ini dengan semangat mengangkut seluruh sampah yang umumnya berupa sampah organik tersebut ke wadah yang telah disiapkan warga setempat.

yamaha

 

Usai melaksanakan bersih pantai, sebagian besar dari mereka kemudian mengabadikan gambar pantai batu gong yang terlihat asri dan indah dengan latar belakang hutan bakau.

 

Kegiatan bersih pantai ini secara kebetulan bersamaan dengan agenda gerakan bersih pantai yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Konawe. Kepala Desa Batu Gong, Risal Tombili menyambut baik gerakan bersih pantai ini.

 

“Kami berterima kasih karena Batu Gong menjadi salah satu tempat yang terpilih untuk kegiatan bersih pantai ini karena akan membuat pengunjung nyaman dan betah ditempat ini, keuntungannya akan kembali kepada masyarakat karena kebetulan lokasi wisata ini dikelola secara swakelola oleh masyarakat sempat” tuturnya.

 

Usai melaksanakan bersih pantai, peserta PW XIII PTK kemudian melanjutkan perjalanan wisata menuju museum Sulawesi Tenggara untuk kemudian kembali di lokasi bumi perkemahan IAIN Kendari.

 

Sebelumnya, pada Selasa, 17 Mei 2016 sekitar 450 orang peserta juga telah melaksanakan kegiatan bersih pantai di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Peserta PW dijadwalkan melaksanakan gerakan bersih pantai pada tiga lokasi wisata pantai yaitu Toronipa, Batu Gong dan Nambo.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.