Peserta STQ ke-II Konkep Belum Seratus Persen Lokal

  • Bagikan
salah satu peserta lomba STQ Konkep sedang melantunkan ayat-ayat suci A Quran (foto: Kalpin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-II tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), resmi digelar di Lapangan Tempat Penampungan Ikan (TPI), Kelurahan Langara Laut, Selasa (14/02/2017). Namun kegiatan keagamaan ini, belum didominasi anak lokal dari Wawonii.

“Hal ini masih dianggap minim, sehingga selebihnya diisi peserta dari pesantren bukan anak-anak lokal,” ujar salah satu camat yang enggan disebutkan namanya,” Selasa (14/02/2017).

Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Muhammad Lutfi menjelaskan, peserta STQ, yakni 50 persen anak-anak lokal dan 50 persen dari luar daerah. Jumlah tersebut, belum memenuhi target 100 persen peserta lokal dari Wawonii. Sehingga pihaknya, mengupayakan membuat pembinaan baca tulis Al Quran di tujuh kecamatan yang dilakukan oleh SKPD masing-masing.

“Kami inginkan kedepan bisa mengembalikan jati diri orang Wawonii. Di masa lampau pernah berjaya dibidang keagamaan, yakni pernah juara sampai tingkat internasional,” ujarnya, usai menghadiri Perlombaan STQ.

Terkait Pengadaan pesantren lanjutnya, masih dikomunikasikan dengan pihak pesantren. Bahkan implementasinya berlangsung di 2018. “Cita-cita kami kedepan adalah membangun pusat kajian Al Quran, yakni pesantren berskala besar,” katanya.

Dalam perlombaan STQ tersebut, terdapat tujuh cabang perlombaan, yaitu Hifzil Quran juz 1, 5, 10, 20, dan juz 30. Tafsir Quran, Tilawah Anak dan Dewasa, Qiraat Muratal, Rabanah dan Gambus Tradisional.

Laporan: Kalpin

  • Bagikan