Pesona Benteng Wolio, Peninggalan Terluas di Dunia

SULTRAKINI.COM: Bila anda berkunjung ke Kota Baubau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara maka jangan lupa mengunjungi benteng Keraton. Di benteng ini, wisatawan dapat menikmati pesona Kota Baubau dan hilir mudik kapal di Selat Buton dari ketinggian.

Benteng Wolio sendiri adalah peninggalan Kesultanan Buton yang merupakan kerajaan Islam. Hebatnya, Wolio telah tercatat dalam Guinness Book of Record dan MURI sebagai benteng terluas di dunia.

Saat berkunjung ke benteng ini, Jumat (7/7/2017), penulis mendapatkan informasi bahwa benteng Wolio memiliki kompleks hunian di dalamnya. Hingga saat ini, di dalam kawasan benteng tinggallah para keturunan dan raja dan bangsawan.

Bahan dasar pembuatan benteng Wolio ialah batu gunung yang direkatkan menggunakan pasir dan kapur. Tinggi benteng antara satu meter hingga delapan meter. Ketebalan dinding antara 50 centimeter hingga dua meter. Benteng Wolio memiliki 12 Lawa (pintu) dan 16 tempat penyimpanan meriam yang disebut Baluara (bastion).

Nama-nama pintu antara lain, Lawana Rakia, Lawana Lanto dan Lawana Wandailolo. Sedangkan nama bastion diantaranya Bastion Baluwu, Bastion Lawana Dete dan Bastion Kalau.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.