Iklan Clarion

Peternakan Konawe Sukses, Kery Panen Pedet

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melakukan panen perdana terhadap pedet (anak sapi), Kamis (24/11/2016). Panen tersebut juga disaksikan langsung pihak Dirjen PKH Kementerian Pertanian.

Kery menuturkan, sebelumnya melalui Dinas Peternakan dan kesehatan hewan telah diprogramkan perkawinan melalui Inseminasi Buatan (IB)  atau kawin suntik. Program itulah yang hari ini menghasilkan produksi pedet. 

“Ini adalah bukti kesuksesan peternakan kita. Saya berharap dinas terkait bisa bisa mengoptimalkan program ini, agar Konawe tetap menjadi produsen sapi bagi daerah lain, baik di Sultra maupun di luar provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jumrin menuturkan, tahun 2013 populasi ternak sapi potong di Konawe berjumlah 30.972 ekor. Hingga November 2016, jumlahnya naik menjadi 45.692 ekor. 

“Data tersebut berasarkan sensus ternaik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe. Angka ini menunjukan peningkatan rata-rata produksi sapi potong sebanyak 26 persen,” tandasnya. 

Reporter : Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.