Petugas Bandara Haluoleo Jalani Tes Urine Narkoba dan Diedukasi P4GN

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Upaya pencegahan dini penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara tidak pernah berhenti. Sosialisasi P4GN dan tes urine narkoba juga gencar dilakukan. Kalangan pegawai dikontrak Kantor Unit Penyelenggara Bandara Haluoleo pun ikut menjadi sasaran pihaknya.

Dasar pelaksanaan P4GN dan tes urine narkoba tidak terlepas dari Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika; Peraturan Daeran Nomor 7 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan, Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya; Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024; Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN; serta didukung surat perintah lainnya.

Pelaksanaan P4GN dan tes urine di Bandara Haluoleo sendiri berlangsung pada Selasa, 23 Februari 2021 dan turut dihadiri Kepala Seksi Pengamanan Bandara, Windu Kurniawan dan Kepala Seksi Pos Lanud HO Mayor Lek Paulus Rushardian. Sedangkan tes urine narkoba diikuti 164 orang petugas bandara.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengucapkan terima kasih kepada pihak Kantor UPBU HO atas kesediaannya mengikuti rangkaian kegiatan pendeteksian dini bahaya penyalahgunaan narkotika tersebut. Sebab, agenda ini sangat penting demi melindungi diri sendiri, keluarga, dan sesama rekan di lingkungan kerja.

“Kegiatan ini bertujuan agar para peserta kegiatan menjadi imun dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan sebagai wujud dari implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika,” ujarnya.

Selama kegiatan, protokol kesehatan tetap menjadi prioritas guna pendegahan penularan Covid-19.

Tes urine narkoba kepada petugas bandara juga menunjukkan hasil negatif.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.