Petugas Terkendala Ketemu Warga Untuk Pendataan Keluarga Sehat di Butur

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Pendataan Indonesia sehat dan pendekatan keluarga akan melibatkan 25 orang dari Puskesmas Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara. Empat desa akan menjadi sasaran progran ini, yakni Desa Jampaka, Linsowu, Wasalabose, dan Desa Banubanua Jaya.

Koordinator Pendataan Puskesmas Kulisusu, Rahmat Ashar SKM menuturkan pendataan itu merupakan program Kementerian Kesehatan RI yang dilakukan secara berjenjang dari 2017 hingga 2019. Nantinya pendataan dibagi atas 12 indikator, beberapa diantaranya seperti penderita gangguan jiwa, pemberian air susu ibu (ASI), balita mendapatkan imunisasi lengkap, penderita TB paru, keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan keluarga yang mengikuti program KB.

“Kemarin kami sudah mulai di Desa Jampaka, kami belum selesaikan, karena banyak warga yang ke kebun. Kami sementara mengatur jadwal yang tepat, bila perlu kita lakukan malam hari, karena pagi dan siang mereka ada di kebun,” kata Rahmat ditemui di Puskesmas Kulisusu, Selasa (12/9/2017).

yamaha

Ia menambahkan, hasil pendataan belum diketahui. Apabila sudah dilakukan penginputan, secara otomatis akan menjadi tiga kategori, yakni keluarga sehat, pra sehat dan tidak sehat.

Laporan: Harto Nuari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.