PGRI: Kendari Kekurangan Guru PNS Sampai Ratusan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tenaga pengajar khususnya guru berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara masih terbilang kurang. Bahkan kekurangan hingga mencapai ratusan guru.

Hal tersebut diungkapkan langsung Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Kendari, Makmur. Kata dia, jumlah tenaga pengajar untuk Kota Kendari masih kurang. Data terakhir pihaknya, mencatat guru berstatus PNS sekitar 3.700 orang dari tingkatan taman kanak-kanak sampai sekolah menengah pertama negeri maupun swasta.

Begitu juga guru mata pelajara,n dinyatakan masih kurang di Kota Kendari. Kondisi dipertambah dengan tidak dilakukannya pengangkatan guru mata pelajaran oleh pemerintah setempat.

“Jika melihat data, guru yang masih kurang kebanyakan pada mata pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan), Pendidikan Agama, Bimbingan Konseling (BK) dan Pendidikan Kesenian. Ini disebabkan, karena tamatan PGSD sudah tidak ada lagi sekarang. Tinggal yang langsung dari LPTK saja,” terang Makmur, Rabu (9/8/2017).

Sehingga, dia berharap pemerintah bisa membuka kouta penerimaan PNS untuk mengatasi kekurangan guru. Jika berlarut-larut dikhawatirkannya akan berdampak pada etos pembelajaran di sekolah.

Dia mengungkapkan, untuk menutupi kekurangan tersebut, saat ini dibutuhkan peran guru honorer. Meskipun kualitas guru yang mau mengajar masih dibawah guru-guru PNS. Tetapi tidak dipungkirinya masih terdapat guru honorer cukup berkualitas. Untuk itu pihaknya tetap berupaya diadakannya pengangkatan guru honorer di Kota Kendari.

“Saya akui guru honorer sangat membantu sekali dan kami selaku pengurus PGRI mengucapkan terima kasih. Berdasarkan data yang dirilis Dikbud, Kota Kendari masih membutuhkan 315 guru. Tentunya pemerintah, tidak langsung membuka kouta 315. Tetapi, mungkin akan dilakukan secara bertahap sesuai aturan perundang-undangan yang ada,” ujar Makmur yang juga mantan Kepala Dikmudora Kota Kendari.

Laporan: Hasrul Tamrin

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.