000 HPN Prov

Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang ke Teman

SULTRAKINI.COM: Sejumlah orang pernah mengalami kesulitan keuangan, hingga harus meminjam uang kepada orang lain. Bagaimana jika teman terbaik kalian ingin meminjam uang?

Saat teman ingin meminjam uang, perlu ada pertimbangan sebelum memutuskan untuk meminjamkannya. Berikut lima hal yang sebaiknya kamu pikirkan sebelum memutuskan meminjamkan uang kepada teman dilansir dari Tempo.co (23/6/2019) yang melansirnya dari laman Purewow.

1. Pertimbangkan kondisi keuangan
Sebelum meminjamkan uang kepada orang lain, ada baiknya memastikan kondisi keuangan sendiri. Pertimbangan ini pernting karena kamu sendiri perlu mengeluarkan biasa rutin dan biaya tidak terduga. Apabila kamu memutuskan memberikan pinjaman, pastikan menambahkan pinjaman ke anggaran kamu sehingga itu merupakan pengeluaran yang diperhitungkan.

2. Mengapa teman saya membutuhkan pinjaman?
Ada beberapa alasan sehingga seseorang memilih meminjam uang. Begitu juga ketika temanmu hendak meminjam uang. Apakah uang tunai yang kamu pinjamkan untuk situasi darurat? Apakah ada potensi untuk berutang lagi? Mampukah dia melunasinya? Apapun alasannya, sebelum meminjamkan uang ada baiknya dipertimbangkan. Jika merasa tidak nyaman dengan alasannya, jangan meminjamkan uang.

3. Apakah ini akan membuat hubungan kita canggung?
Hubungan pertemanan kebanyakan orang tidak ingin diusik dengan bicara soal uang. Apalagi itu, persoalan utang. Salah satu cara mengurangi kecanggngan tersebut, yaitu bersikap jernih satu sama lain di pasak pinjaman. Ini berarti segalanya, dari menyiapkan rencana pembayaran hingga membicarakan bagaimana perbayarannya yang terambat.

4. Bagaimana rencana pembayaran?
Serius memberikan pinjaman kepada teman, tentu memikirkan pula cara pembayarannya. Kamu perlu mengurai perjanjian dan menuliskannya. Pikirkan jumlah pembayaran bulanannya dan batas waktu pinjaman akan dilunasi sepenuhnya.

5. Apa skenario terburuk?
Apa yang terjadi jika teman Anda tidak membayar utang? Jika Anda dibayar kembali, itu berita bagus. Jika tidak, Anda masih merasa baik-baik saja tentang hal itu dan tidak meninggalkan dendam.

Cara menolak memberikan pinjaman dengan baik
Cara terbaik menolak meminjamkan uang adalah secara langsung.

Coba: “Saya tidak bisa memberikan pinjaman sekarang” “Saya tidak merasa nyaman meminjamkan uang. Maaf saya tidak bisa membantu. ”Anda tidak harus memberikan alasan (bagaimanapun juga itu adalah uang Anda), tetapi Anda dapat menawarkan bantuan dengan cara lain menghubungkan mereka dengan seseorang yang benar-benar pandai dalam strategi menabung dan mungkin dapat memberi saran/melihat keuangan mereka, misalnya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.