Pilgub Sultra 2018, DPD KNPI Muna Memilih Netral

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pernyataan Ketua KNPI Sultra, Umar Bonte, menuai kritikan di internal organisasi termasuk Ketua Karateker DPD KNPI Muna, Zuhdi Mulkian yang baru saja dikukuhkan. Keinginan Umar Bonte, yakni mengarahkan semua pengurus KNPI untuk mendukung pasangan bakal calon Asrun-Hugua di Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra 2018.

“Sebenarnya pada prinsipnya, kami sebagai pengurus DPD KNPI Muna sedikit berbeda dengan ketua DPD provinsi, dalam hal dukungan pada Pilgub 2018, bukan berarti kami tidak mendukung salah satu calon, tapi sebagai ketua KNPI Muna kami berharap kepada teman-teman pemuda khususnya di Kabupaten Muna untuk menjadi penyejuk pada pilkada nanti,” kata Zuhdi Mulkian kepada SultraKini.Com, Senin (29/1/2018).

(Baca: Ketua KNPI: Asrun-Hugua Pemimpin yang Berpihak pada Rakyat)

Menurutnya, ucapan dukungan itu dikarenakan Ketua KNPI Sultra merupakan kader salah satu partai politik pendukung pasaangan tersebut. Tetapi pada prinsipnya KNPI tetap pada posisi netral.

Selain itu, dirinya juga mengatakan dalam hal pemilihan kepala daerah nantinya, biarkan pemuda menggunakan hak-hak demokrasinya sesuai dengan kehendak masing-masing tanpa harus ada intervensi hak-hak politik pemuda. Sebab kata dia, KNPI sebagai wadah untuk menyatukan perbedaan.

“Biarkan pemuda memberikan hak politiknya kepada calon yang memiliki visi, kinerja sesuai pandangan masing-masing, yang paling penting bisa memberikan hak politiknya pada salah satu calon yang memiliki komitmen tinggi bisa memberdayakan kaum muda khususnya di KNPI Sultra dan di kabupaten se-Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

gemilang simpeda bank sultra

Dirinya menilai, semua calon gubernur dan wakil gubernur pada pemilihan 2018 mendatang merupakan putra terbaik daerah, sehingga KNPI wajib untuk mendukung dan memberikan support politik karena niatan mereka bagaimana membangun Sultra yang lebih baik.

“Kita sebagai generasi muda wajib untuk memberikan support, persoalan anak muda yang ada di kabupaten muda jangan terpengaruh pada isu-isu politik, tapi kita bersatu, bagaimana anak muda bisa memberikan warna karena tidak menutut kemungkinan lima tahun kedepan ada anak muda yang bisa maju di Pilgub,” tambahnya.

Disisi lain, sebagai Ketua Karateker DPD KNPI Muna dirinya tidak akan fokus untuk memenangkan salah satu calon, tapi tetap memberikan ruang-ruang pada pemuda untuk mendukung figur yang dianggap layak untuk memberikan perubahan di Sultra, tetap akan fokus membesarkan KNPI Muna.

“Ini sudah menjadi target utama saya selama tiga bulan kedepan, dan akan mengkonsolidasikan keberadaan KNPI dan membentuk KNPI di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Klik untuk daftar event

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.