Pilkada 2017, Plt Bupati Buton: Birokrasi Tidak Boleh Ditawar-tawar

SULTRAKINI.COM:BUTON- Pelaksana Tugas Bupati Buton, Effendi Kalimuddin, tegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral saat pemungutan suara pada 15 Februari 2017 mendatang.

“Birokrat itu harus netral, tidak boleh ditawar-tawar. Tanggal 15 nanti, aparat pemerintah mulai dari tingkat kabupaten sampai desa harus berada didalam posisi netral,” katanya, Kamis (02/02/2017).

Effendi juga melakukan aksi keliling wilayah Kabupaten Buton, untuk memastikan para ASN menggunakan hak pilihnya dari hati hurani, bukan dari unsur politik demi keuntungan pribadi. “Seperti tadi, saya juga suruh kumpulkan seluruh kepala desa/lurah dan camat untuk jaga netralitas dan kalau ada yang melanggar, maka kita akan berikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Netralitas saat pemungutan suara, dinilai Effendi tidak memerlukan pembentukkan tim khusus yang bertugas mengontrol ASN tersebut. Melihat hingga sekarang ini, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya pegawai tidak netral dalam pilkada serentak 2017.

Dia juga berharap, saat pelaksanaan pesta demokrasi nantinya bisa terlaksana dengan aman dan damai. Serta masyarakat Buton dapat memanfaatkan hak pilihnya dalam menentukan orang nomor satu di Kabupaten Buton di lima tahun kedepan.

“Yang jelas kita harapkan Pilkada berjalan aman dan lancar. Mari pada hari H (15/02/2017) nanti, kita sama-sama ke TPS untuk menyalurkan hak kita masing-masing,” ujarnya.

Laporan: La Ode Ali

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.