Iklan Clarion

Pilkades di Buton Bakal Gunakan Anggaran Rp 1 M

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk 53 desa dari 83 desa pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak bulan April atau Mei 2018.

“Untuk estimasi anggaran, jujur saja saya belum terima DPAnya sampai saat ini. Tapi informasi yang saya peroleh itu sebesar 1 miliar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton, Alimani kepada SultraKini.Com, Kamis (4/1/2018).

Dikatakannya, anggaran itu nantinya digunakan dalam hal pembentukan panitia Pilkades dan bagi pihak kepolisian ketika melakukan pengamanan selama tahapan pemilihan.

“Yang pasti pengelolaan anggaran itu kita transparan, ada porsi untuk panitia dan keamanan,” ujar Alimani.

Usulan anggaran Rp 1 miliar tersebut, lanjut dia, sudah dilakukan oleh bagian tata pemerintahan (Tapem) Kabupaten Buton sebelum kewenangan pelaksanaan Pilkades itu menjadi gawean dari DPMD.

Baca Juga

“Usulan itukan dari proses sebelumnya pilkades ini adalah domainnya tata pemerintahan, tapi setelah dikaji ulang tupoksi yang ada di seluruh Sulawesi Tenggara, pelaksanaan pilkades itu menjadi kewenangan Dinas Pemberdayaan Masyatakat dan Desa,” jelas Alimani.

Pihaknya saat ini sementara melakukan pembentukan panitia Pilkades, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten yang didalamnya terdapat pemerintah Kabupaten Buton, kepolisian, dan masyarakat.

“Kita sekarang baru pembentukan panitia, baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten yang terdiri dari unsur terkait tentunya seperti pihak kepolisian, pemerintah dan unsur masyarakat,” terang Alimani.

Laporan: La Ode Ali

Komentar
Loading...