Pilkades Konkep Menghasilkan 60 Kades Terpilih

  • Bagikan
Nampak pemilih pemula dari SMAN 1 Wawonii Barat saat menyalurkan hak suaranya di Desa Lanowatu, Kecamatan Wawonii Barat. (Foto: Kalvin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Proses pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) berlangsung aman. 60 Desa peserta Pilkades serentak telah memiliki Kades definitif setelah proses pemilihan selesai pada Selasa (10/10/2017).

Berdasarkan pantauan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Konkep, sampai hari ini belum ada gugatan yang masuk. Gugatan yang dimaksud yakni bukan proses pelaksanaannya, tetapi hasil dari pemilihan.  Jadi dari 60 desa dengan total calon 179 orang calon telah ditetapkan Kades terpilih, dimana dua desa diantaranya dimenangkan calon perempuan, yakni Desa Tangkombuno dan Wawouso Baru. 

60 desa penyelenggara pilkades berasal dari tujuh kecamatan, meliputi Wawonii Barat diikuti 11 desa, Wawonii Utara 16 desa, Wawonii Timur Laut sembilan desa, Wawonii Timur empat desa, Wawonii Tenggara tujuh desa, Wawonii Selatan lima desa, dan Kecamatan Wawonii Tengah diikuti delapan desa. Total anggaran untuk membiayai pilkades tersebut senilai Rp 571 juta.

Sehubungan tahapan pelantikan kepala desa terpilih, pihaknya sementara menunggu Surat Keputusan Bupati Konkep. Setelah ini dikeluarkan maka15 hari kemudian proses pelantikan akan dilaksanakan.

Kepala DPMD Konkep, Jamhur Umirlan mengaku bersyukur atas suksesnya Pilkades di wilayah itu, meski terdata dua tertunda proses pemilihannya, yaitu Desa Lamoluo dan Wakadawu. Menurut dia, kelancaran pelaksanaan pilkades berkat kerja keras Pemda, masyarakat serta TNI-Polri.

“Alhamdulillah proses pilkades berjalan sukses dan aman.  Kami berharap semoga tidak ada gugatan hasil pemilihan. Jadi kami juga di DPMD sisa mempersiapkan proses pelantikan yang akan digelar serentak paling lambat Desember 2017. Tahun depan bakal menggelar Pilkades serentak tahap II sebantak 20 desa pada bulan Mei 2018,” jelas Jamhur saat ditemui ruang kerjanya, Rabu (11/10/2017).

Laporan: Kalvin

  • Bagikan