Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, Arhawi: Stakeholder di Wakatobi Harus Sigap

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Polres Wakatobi dan Pemda bersama semua Forkopimda menggelar Apel Kontinjensi Operasi Aman Nusa II, Kamis (9/1/2020). Apel yang dilaksanakan di halaman Polres Wakatobi ini, dalam rangka kesiapsiagaan penanganan bencana alam tahun ini.

Dalam apel ini Bupati Wakatobi Arhawi mengecek kesiapan pasukan dan peralatan. yang disaksikan Kapolres Wakatobi AKBP Anuardi, Kajari Wakatobi Ade Hermawan, Komandan Pos AL Wangi-wangi Letda Laut (T) Muh. Tindri, Danramil 1413-14/Wangi-Wangi Kapten Inf Anton.

Arhawi saat membacakan sambutan kapolda Sultra, mengatakan apel kesiapsiagaan bencana alam ini diselenggarakan secara serentak di semua jajaran Polda Sultra yang bertujuan memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan dalam menghadapi bencana alam.

“Saat ini wilayah Sulawesi Tenggara masuk musim penghujan, potensi terjadinya alam sangat besar seperti terjadi di tahun 2019 di Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara, dan Kota Kendari. Untuk itu perlu adanya dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan bencana,” jelasnya.

Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, lanjutnya, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah, namun masyarakat perlu kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

Fortune

“Melalui apel siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Arhawi juga mengajak semua stakeholder di Wakatobi untuk tetap siap siaga terhadap bencana.

“Pemda dan semua penyelenggara pemerintah di daerah ini tidak meminta agar bencana ini datang, tetapi paling tidak kita memiliki kesiapan. Bayangkan saja beberapa minggu ini kita disibukan untuk mengurus ini (bencana), kita tidak mengurus lain lagi. Ini bentuk perhatian seluruh jajaran (Pemda, TNI, Polri) dalam rangka mengantisipasi kejadian di daerah ini,” ucapnya.

Arhawi bahkan memberitahukan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Wakatobi untuk mengantisipasi semua kejadian bencana.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.