Iklan Clarion

Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Bupati Buton Minta Masyarakat Jaga Persatuan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton, Effendi Kalimuddin, memimpin upacara hari pahlawan ke 71 di Lapangan Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Kamis (10/11/2016).

Dalam sambutannya Effendi Kalimudin mengatakan, setiap 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk mengenang makna atas pengorbanan para pahlawan

Peringatan tersebut didasarkan atas kisah Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran terbesar antara pasukan Indonesia pasukan penjajah. Dengan korban jiwa yang sangat besar.

“Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral warisan bangsa kita, bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan,” ucapnya.

Dikatakan Effendi, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan bangsa untuk menghadapi rintangan.

Ia juga berpesan, memaknai Hari Pahlawan kita harus mampu menggali api bukan hanya abunya. Meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang dengan penuh idealisme untuk mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

“Sehingga dalam peringatan Hari Pahlawan, kita diwajibkan dengan penuh idealisme untuk mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan yang bulat dan mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Karena semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

Diakhir sambutannya, Effendi mengungkapkan, dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Turut hadi dalam upacara, Ketua DPRD Buton La Ode Rafiun, Kejari Buton Ardiansyah SH, Kepala Pengadilan Buton Sutisnawati SH MH, Perwakilan Polres Buton, TNI, dan Para pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Buton.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.