Iklan Clarion

Pintar Saja Tidak Cukup, Terampil Akan Sukses Lebih Cepat

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Pilihan dengan Akreditasi A

SULTRAKINI.COM: BALI – Tahun perdana SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali menamatkan taruna-taruninya dengan prestasi yang gemilang, yakni 100 persen lulus UN dengan 84 persen di atas rata-rata nilai UNBK se-Provinsi Bali. Ini membuktikan kualitas taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara secara pengetahuan dan praktek. Bahkan SMK PCN menduduki peringkat tertinggi ke-6 ujian nasional terbaik dari 123 SMK se-Provinsi Bali.

Prestasi tersebut tentu didukung banyak faktor, diantaranya kurikulum dengan sistem pembelajaran 30 persen dan teori 70 persen praktik. Teori diterapkan di kelas ataupun secara online berupa e-learning. Praktek langsung di lanud dan maskapai seluruh Indonesia dengan pesawat riil dengan teknologi tercanggih.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara berkomitmen mendidik siswa yang tidak bisa menjadi bisa sehingga terampil lebih dini. SMK Penerbangan Cakra Nusantara juga terdaftar secara resmi di Bursa Kerja Khusus (BKK) di bawah naungan Direktorat PSMK-Subdit LASJURIN Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari data saat ini SMK Penerbangan Cakra Nusantara ada pada posisi 4 dari 13.410 SMK se Indonesia yang memiliki bursa kerja khusus berdasarkan data dari Direktorat Pembinaan SMK.

Selain kurikulum, tenaga pengajar juga menjadi faktor utama dalam menunjang prestasi. Dewan guru berasal dari jajaran TNI AU Ngurah Rai, guru-guru dari berbagai lanud di seluruh Indonesia, jajaran pengajar senior dari beberapa maskapai ternama di Indonesia, guru umum serta kurikulum yang sesuai dengan program pendidikan pemerintah. SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang terletak di Jalan Drupadi No. 27 Denpasar selalu menciptakan inovasi mengikuti perkembangan jaman yang makin praktis dan mudah.

“Kepraktisan dan kemudahan tersebut tidak lain adalah untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat terutama calon siswa baru yang akan menjadi bagian keluarga besar SMK Penerbangan Cakra Nusantara,” terang Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Indra Gita Saragih.

Pihak sekolah berinisiatif menjalin kerjasama dengan Home Credit Indonesia dalam menyediakan fasilitas kredit dalam pembayaran uang pangkal dan biaya pendidikan PKL.
HCI memberi kepercayaan penuh kepada pihak sekolah untuk membina kerjasama yang baik ini. Kepercayaan ini pastinya juga bermanfaat bagi masyarakat Bali secara khusus dan Indonesia secara umum.

Dengan demikian pihak sekolah berkomitmen untuk memberi kesempatan semua siswa untuk mengenyam pendidikan secara merata tanpa melihat dari kemampuan ekonominya.

Tahun ajaran 2017/2018 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menyediakan 4 program keahlian diantaranya Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan). Bergabung bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara dapat menghubungi 081237098090 / 0361 4748124 atau akses melalui www.smkpenerbangan.sch.id.

SPEAK UP

Indra Gita Saragih, S.Pd.
Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara
SMK Penerbangan Cakra Nusantara memprioritaskan upaya penyaluran lulusannya untuk berkiprah di dunia internasional, oleh karena itu, lulusannya diberikan beberapa karakter diantaranya sikap unggul tangguh mandiri di manapun berada, penguasaan bahasa internasional, dan on the job training di dalam dan luar negeri.

Pihak sekolah juga berkomitmen membentuk karakter taruna-taruni dengani sikap mental yang baik, menjadi pusat pendidikan, pelatihan dan pengembangan, menciptakan suasana belajar mengajar dengan mengedepankan praktek, meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik dan terdidik serta menciptakan atlit kedirgantaraan. Pintar saja tidak cukup, terampil lebih dini, sukses lebih awal

Putu Yulyana Grisnawati Artha, M.Pd.
Plt. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Kerjasama
SMK Penerbangan Cakra Nusantara memiliki 78 industri yang bekerja sama sebagai mitra kerja atau praktek, terbanyak nomer 4 se-Indonesia. Pihak sekolah berupaya dalam penyaluran tenaga kerja dengan membangun bursa kerja khusus sehingga pengelolaan tidak hanya di proses tapi juga outputnya yang dapat diakses melalui website bursakerjapenerbangan.com. Waktu tunggu lulusan cepat dan dengan basic skill yang unggul, kami yakin taruna-taruni kami merupakan lulusan terbaik di bidang penerbangan, kebandaraan dan kedirgantaraan.

Cokorda Bagus Darma Kesawa (Siswa Jurusan Airframe Power Plant)
Mengikuti jejak langkah senior taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara, menjadi angkatan ke 3 di sekolah ini dengan teman yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dan bahkan dari luar negeri menjadi suatu pengalaman yang tidak dapat dibayangkan.

Melakukan praktek langsung memperbaiki pesawat komersil yang masih digunakan adalah salah satu dari banyak kegiatan praktek yang dilakukan di beberapa tempat PKL yang pernah saya jalani.

Banyak beasiswa dalam dan luar negeri yang saya peroleh di sekolah ini. Salah satunya telah mengirim saya ke Malaysia Airport Training Center, Kuala Lumpur. Jadi tunggu apalagi, ayo gabung sama kita di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Karena pengalaman adalah guru terbaik.

Ni Luh Putu Ganda Sari (Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran)
Menjadi angkatan pertama di SMK Penerbangan Cakra Nusantara adalah hal yang paling membanggakan bagi saya sendiri khususnya. Mempelajari sistem administrasi perkantoran yang ada di bandara berbeda dengan administrasi perkantoran pada umumnya. Melaksanakan praktek atau on job training (OJT) di bandara secara langsung merupakan hal yang belum tentu orang lain bisa lakukan.

Jadi, buat adik-adik yang baru lulus SMP jangan ragu lagi buat pilih SMK Penerbangan Cakra Nusantara karena disini kalian bakalan dapetin banyak sekali pengalaman yang berbeda dengan yang lainnya karena SMK Penerbangan Cakra Nusantara mendidik kalian dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.