SUARA

PKK Bombana Kejar Ilmu Hingga ke Lombok

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menggandeng Forum Kerjasama Pembangunan Daerah Republik Indonesia (FKD-RI) untuk menggelar pelatihan bersama dalam pengembangan kapasitas Sumber daya manusia (SDM).

Bertempat di Pulau Lombok, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, organisasi binaan Andi Nirwana Tafdil ini, mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) terkait peningkatan kapasitas hidup perempuan serta peran dan fungsi kesetaraan gender.

Gabungan para Ibu Darma Wanita Kabupaten Bombana itu, dibimbing untuk mengenal sejatinya peran perempuan guna mengisi pembangunan di sektor pendidikan, ekonomi, sosial-budaya teori kepemimpinan feminitas hingga peran dalam rumah tangga.

Tidak cuma itu, dalam bintek ini, para ibu PKK dibina pola pengajuan sebuah aspirasi, jitu dalam menentukan program, hingga dinamis dalam menangkap momen. Bintek juga mengeja sejumlah persoalan terkait tantangan dan masa depan perempuan. Membedah sejumlah produk dan nomenklaturnya, hingga berdiskusi untuk solusinya.

Hadir di Lombok, sekitar 30-an lebih. Sejumlah perangkat organisasi PKK diberangkatkan guna mengejar tambahan ilmu tersebut. Bintek dijadwalkan empat hari. Mulai 4 hingga 8 Maret. Peserta di didik oleh pemateri kondang yang sudah melintang antar negara. Di antaranya, Gefarina Djohan dan Manimbang Kahariadi.

yamaha

Hadir untuk memantau, Ketua TP PKK Bombana Andi Nirwana Tafdil berharap bintek dapat menambah wawasan bagi Ibu PKK.

“Ini bagian dari Capacity Building (Pengembangan kapasitas organisasi). PKK ini kan organisasi, juga bagian dari civil society. Perannya begitu besar, dalam memajukan pembangunan bangsa ini. Olehnya itu, pengembangan SDM itu sangat penting, untuk menggerakan roda organisasinya,” ucapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bombana ini menargetkan, ada energi, ilmu hingga motivasi yang dicapai PKK, pasca mengikuti bintek tersebut.

“Tentu, harapan kami, begitu balik dari sini, ada ilmu yang diserap oleh peserta. Ada energi dan motivasi atau velius (nilai tambah) bagi PKK kita. Minimalnya dapat berbuat atau melalukan sesuatu, untuk skala kepentingan masyarakat Bombana,” harapnya.

Jika tidak ada hambatan, rombongan TP PKK Bombana, dijawalkan akan berkunjung di beberapa pusat kerajinan Kota Mataram. Ini sebagai langkah studi banding untuk meningkatkan kerajinan Kabupaten Bombana.

 

Laporan: Badar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.