Pleno KPU Pilkada Muna Usai, Jubir Terbaik Serukan Kedamaian dan Support Pembangunan

SULTRAKINI.COM: MUNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna sudah mengumumkan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilkada pada Rabu, 9 Desember 2020 lalu di Kantor KPU Muna, Rabu (16/12/2020) dini hari.

Dalam rekapitulasi KPU Muna, pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Muna LM Rusman Emba-Bachrun Labuta nomor urut 1 dengan akronim Terbaik berhasil meraup suara sebanyak 64.122 dan pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili nomor urut 2 dengan akronim (RAPI) meraup suara sebanyak 55.980.

Dari sebaran pemilih di 22 kecamatan se- Kabupaten Muna, pasangan Terbaik unggul di 19 kecamatan, sementara pasangan RAPI unggul di tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Marobo, Parigi dan Towea.

Berdasarkan hasil pleno KPU Muna, pasangan Rusman-Bahrun Labuta berhasil memenangkan Pilkada 2020 di Muna dengan selisih suara dari lawannya pasangan RAPI sebanyak 8.142 suara.

Juru Bicara (Jubir) pasangan Terbaik, Sahrul mengatakan, Pilkada tahun 2020 di Muna telah usai, KPU Muna juga sudah memplenokan dan mengumumkan pasangan calon Terbaik Rusman Emba-Bahcrun Labuta sebagai pemenang.

“Mengenai hasil Pilkada, saya rasa sudah selesai, kalaupun ada kelompok atau pihak tertentu yang mempersoalkan hasil Pilkada, itu tidak masalah, apalagi dengan cara mempreasure ke KPU atau Bawaslu perihal adanya dugaan pelanggara, itu juga sah saja dan merupakan hak setiap kandidat secara demokrasi,” kata Sahrul dalam jumpa persnya, Rabu (16/12/2020).

Dia menilai, dengan selisih suara yang cukup jauh, kandidat lain harus lebih bijak melihat situasi ini, sebab selisih jauh ini secara aturan tidak memungkinkan untuk dipersoalkan.

“Pilkada telah selesai, urusan politik selesai, kami dari pasangan Terbaik mengajak semua pihak, seluruh masyarakat Muna, untuk kemudian bersama mengawal daerah ini, mensuport Bupati terpilih untuk melakukan program-progran pembangunan demi kepentingan masyarakat dan daerah,” ajaknya.

Dia juga menyampaikan, bila hanya terjebak pada kepentingan politik dimomentum ini, tidak akan ada habisnya. Olehnya itu, ia mengajak seluruh masyarakat harus bersama menciptakan kondisi yang kondusif, dengan begitu bisa meredam kesalah pahaman, konflik keluarga, dan kerabat. Pasalnya, hal itu harus menjadi tanggung jawab bersama karena Pilkada telah selesai.

“Saya kuatir, ada yang akan memanfaatkan situasi ini demi kepentingan tertentu. Saya mengajak semua pihak untuk mengucapkan selamat kepada pasangan terpilih yang telah diumumkan KPU dalam plenonya,” ucapnya.

Sahrul juga menyampaikan pesan pasangan Rusman-Bachrun yang ditujukan kepada penyelenggara Pilkada Muna dan pihak keamanan.

“Kami berterima kasih kepada penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu Muna yang menjalankan Pilkada Muna dengan baik, juga kepada TNI/Polri yang telah mengamankan jalannya Pilkada berjalan dengan aman. Sampai dengan selesainya pemilihan, situasi Muna jauh lebih aman dari yang kita pikirkan sebelumnya,” pungkasnya. (B)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.